Begini Cara Mudah Lakukan Pendaftaran Vaksin Covid

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:43 WIB
Petugas melakukan vaksinasi Covid-19 di Skomen Mahawarman, Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin, 2 Agustus 2021. Vaksinasi Covid-19 yang digelar Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Jawa Barat, Kodam III/Siliwangi, dan STIKES Dharma Husada Bandung tersebut diikuti sebanyak 3.200 peserta sebagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 nasional.
Petugas melakukan vaksinasi Covid-19 di Skomen Mahawarman, Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin, 2 Agustus 2021. Vaksinasi Covid-19 yang digelar Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Jawa Barat, Kodam III/Siliwangi, dan STIKES Dharma Husada Bandung tersebut diikuti sebanyak 3.200 peserta sebagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 nasional.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu cara menekan penyebaran Covid-19 adalah program vaksinasi. Namun, sudahkah Anda mengetahui cara mudah untuk pendaftaran vaksin Covid?

Bila sebelumnya Anda melihat pihak kepala RT, RW, atau mungkin kecamatan sekitar Anda melakukan pendataan secara manual akan warga sekitarnya yang hendak divaksin, kini Anda bisa dengan mudah melakukan pendaftaran vaksin Covid secara mandiri melalui online. Anda bisa dengan mudah menentukan lokasi beserta tanggal pemberian vaksinasi sesuai dengan jadwal yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Saat ini, terdapat dua situs utama yang bisa Anda pilih untuk melakukan pendaftaran vaksin Covid, yakni pedulilindungi.id dan vaksin.loket.com. Langkahnya pun sangatlah mudah.

Pendaftaran vaksin covid di situs PeduliLindungi.id

PeduliLindungi merupakan sebuah situs dan sudah terintegrasi dengan aplikasi yang dibuat khusus untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan persebaran kasus sebagai langkah untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Tentunya, situs ini juga membutuhkan partisipasi masyarakat untuk ikut berbagi informasi mengenai kasus Covid-19 yang berada di sekitarnya.

Fitur menarik dari aplikasi ini diantaranya ialah pendaftaran vaksin Covid, pencarian fasilitas kesehatan yang melayani vaksin Covid-19 di sekitar Anda, pemeriksaan hasil tes kesehatan Anda, pemeriksaan status Anda dalam program vaksinasi Covid-19, hingga mengecek sertifikat vaksin untuk kemudian mengunduhnya.

Untuk pendaftaran vaksin Covid melalui PeduliLindungi.id, pastikan Anda sudah melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu agar prosesnya menjadi lebih mudah. Langkahnya pun mudah, Anda hanya perlu:

1. Membuka laman resmi https://pedulilindungi.id/.

2. Pilih opsi “Login/Register” pada sisi bagian kanan atas dan pilih “Buat Akun PeduliLindungi”.

3. Anda bisa melakukan registrasi dengan melalui email atau nomor telepon. Pilih salah satu, lalu masukkan nama lengkap beserta alamat email atau nomor telepon Anda.

4. Jika sudah, Anda akan mendapatkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui email atau nomor telepon Anda. Masukkan kode OTP tersebut, dan pilih opsi “Verifikasi”.

Jika sudah, Anda pun sudah resmi memiliki akun tersebut. Selanjutnya, untuk pendaftaran vaksin Covid, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ialah:

1. Buka halaman beranda dengan kondisi akunmu yang masih terbuka, pilih opsi “Pendaftaran Vaksinasi”.

2. Isi formulir yang sudah disediakan dengan memasukkan beberapa data pribadi Anda.

3. Jika sudah lengkap, klik opsi "Selanjutnya”.

4. Lakukanlah konfirmasi mengenai informasi Penerima Vaksin.

5. Kemudian, masukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor Anda.

6. Jika sudah , Anda telah berhasil melakukan pendaftaran vaksinasi Covid.

Pendaftaran Vaksin Covid di Situs Vaksin.loket.com

Kali ini, Loket.com bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam membuat situs resmi penjadwalan vaksin secara online.

Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain,  pemberian informasi mengenai vaksinasi merdeka bersama Polda Metro Jaya khusus untuk daerah DKI Jakarta, pendaftaran vaksin Covid mandiri beserta pendaftaran sebagai mitra, penyelenggara vaksin mandiri, informasi mengenai jadwal penyelenggaraan vaksin di beberapa daerah, hingga beberapa pernyataan seputar vaksin.

Untuk pendaftaran vaksin Covid melalui situs ini, caranya tidak kalah mudah, yakni:

1. Membuka laman resmi https://vaksin.loket/com.

2. Pilih lokasi yang ingin kamu pilih sebagai lokasi vaksinasi, usahakan pilih yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda.

3.  Pilih juga tanggal kedatangan serta jam kedatangan yang diinginkan oleh Anda.

4.  Kemudian, lakukan pengisian data dengan lengkap sesuai yang dibutuhkan.

5. Jika sudah lengkap, maka proses pendaftaran pun selesai. Anda akan menerima formulir dan e-Voucher pada email atau WhatsApp yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

Informasi mengenai pendaftaran vaksin Covid saat ini bisa Anda dapatkan dari mana saja. Namun perlu diingat bahwa Anda harus tetap berhati-hati. Tidak semua situs benar-benar diperuntukkan untuk pendaftaran vaksin Covid. Pastikan terlebih dahulu agar tidak terjadi penyalahgunaan data pribadi nantinya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Cara Mudah Tukar Kode Voucher Pelatihan Kartu Prakerja

Minggu, 26 September 2021 | 21:55 WIB

Aplikasi Pedulilindungi Mau Jadi Alat Pembayaran?

Minggu, 26 September 2021 | 16:46 WIB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Jawabannya

Kamis, 23 September 2021 | 10:59 WIB
X