5 Cara Membersihkan Panci yang Hangus

- Jumat, 30 Juli 2021 | 08:15 WIB
Ilustrasi panci
Ilustrasi panci

Panci hangus? Itu terjadi pada semua orang. Acara memasak terganggu karena si Kecil yang meminta perhatian, panggilan Zoom, atau sedang cincang bawang putih dan berakhir dengan bagian bawah panci yang hangus.

 

Tergantung dari material apa panci Anda terbuat (kebanyakan yang di pasaran terbuat dari baja tahan karat, enameled cast iron, dan aluminium), Anda dapat merusaknya jika Anda menggunakan scrubber yang terlalu kasar seperti sabut baja atau pembersih dengan bahan yang sangat kuat. Jadi mulailah dengan metode selembut mungkin dan tingkatkan ke sesuatu yang lebih kuat hanya jika perlu. Kami juga tidak merekomendasikan metode ini untuk panci anti lengket.

Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan panci yang hangus.

  1. Gunakan air panas untuk menghilangkan noda.

Jika Anda memiliki panci baja tahan karat atau enamel, taruh di atas kompor dan nyalakan api. Setelah wajan cukup panas, tuangkan secangkir air dan biarkan mendidih sebentar (tambahkan sabun cuci piring atau soda kue jika Anda mau). Kemudian gunakan sendok kayu atau spatula nylon untuk mengikis area yang gosong sementara air melunakkan.

Gosok panci dengan tablet mesin pencuci piring.

Tablet pencuci piring yang berbentuk bubuk dan bukan cair, tidak hanya dapat digunakan pada mesin cuci, dapat juga digunakan untuk membersihkan hangus pada bagian bawah panci. Dalam kasus ini, cukup tutupi bagian bawah wajan dengan sedikit air dan hangatkan dengan api kecil. Kemudian, angkat panci dari api dan kikis tablet pada bagian yang terbakar perlahan. Bilas dan cuci dengan sabun dan air hangat.

  1. Rendam lembaran pengering.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Jawabannya

Kamis, 23 September 2021 | 10:59 WIB

Jadwal Resmi Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Kamis, 23 September 2021 | 10:23 WIB

Pegawai Jiwasraya Protes Dirugikan: Cuti Tidak Dibayar

Rabu, 22 September 2021 | 22:42 WIB
X