Skema Vaksin Booster Disiapkan untuk Calon Jemaah Umrah

- Jumat, 30 Juli 2021 | 15:03 WIB
Ilustrasi -- Calon jemaah umrah.
Ilustrasi -- Calon jemaah umrah.

JAKARTA, AYAOBANDUNG.COM -- Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan akan menyusun skema mengenai vaksinasi dan booster bagi calon jemaah umrah.

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan langkah ini dilakukan setelah pemerintah Arab Saudi kembali membuka akses ibadah umrah bagi jemaah di luar negaranya.

Khoirizi menambahkan skema itu akan dibahas bersama Kemenkes, Kemenlu, Satgas Pencegahan Covid-19, Kemenhub dan juga asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dalam waktu dekat.

“Rapat bersama para pihak juga akan membahas sejumlah hal, antara lain menyusun skema vaksinasi plus booster,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7).

Dia juga menyatakan bahwa Kemenag sudah mengetahui edaran dari Saudi mengenai sejumlah persyaratan yang ditetapkan.

Pihaknya, kata dia, akan membentuk tim bersama lintas kementerian dan lembaga negara, termasuk juga asosiasi PPIU dalam persiapan penyelenggaraan umrah 1443H.

"Edaran Saudi akan kita bahas bersama dengan para pihak agar ada pemahaman yang sama, baik yang berkenaan kebijakan penerbangan internasional di Saudi, maupun yang terkait langsung dengan kebijakan penyelenggaraan umrah," jelas dia.

Dia menilai kesepahaman para pihak penting agar bisa dirumuskan langkah yang efektif, solutif, realistis, dan kontekstual.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa kebijakan penyelenggaraan umrah saat ini tidak bisa dilepaskan dari konteks pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Jawabannya

Kamis, 23 September 2021 | 10:59 WIB

Jadwal Resmi Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Kamis, 23 September 2021 | 10:23 WIB

Pegawai Jiwasraya Protes Dirugikan: Cuti Tidak Dibayar

Rabu, 22 September 2021 | 22:42 WIB
X