Akan Dibuka, Berikut Cara Agar Jamaah Haji Indonesia Bisa Berangkat Umrah

- Rabu, 28 Juli 2021 | 10:54 WIB
Ibadah Umrah.
Ibadah Umrah.

Lengkong, Ayobandung.com - Baru-baru ini, Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi diberitakan hendak membuat peraturan yang akan mensanksi warga negaranya yang bepergian tanpa mengindahkan peraturan perjalanan selama pandemi covid-19. Peraturan tersebut dibuat karena banyaknya warga arab saudi yang melakukan perjalanan keluar negeri terutama ke negara-negara dengan yang termasuk ke dalam daftar merah.

Daftar merah kerajaan ini berisi negara-negara yang diketahui mempunyai kasus covid-19 yang belum terkendali, baik dari penangan maupun penyebaran. Salah satu negara yang masuk ke dalam daftar itu adalah Indonesia.

"Kementerian Dalam Negeri menekankan bahwa warga negara masih dilarang bepergian secara langsung atau melalui negara lain ke negara bagian ini atau negara lain yang belum mengendalikan pandemi atau di mana jenis baru telah menyebar," kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri yang namanya tidak disebutkan kepada Reuters.

Karena kasus penyebaran covid-19 yang tinggi, pada Februari 2021 Arab Saudi memutuskan untuk melarang penerbangan setidaknya penerbangan yang berasal dari 20 negara untuk masuk kewilayahannya. Adapun negara-negara yang dilarang itu adalah :

  1. Argentina
  2. Brasil 
  3. Uni Emirat Arab 
  4. Jerman 
  5. India 
  6. Indonesia 
  7. Irlandia 
  8. Italia 
  9. Pakistan 
  10. Jepang
  11. Portugal 
  12. Inggris 
  13. Turki 
  14. Afrika Selatan 
  15. Swedia 
  16. Swiss 
  17. Perancis 
  18. Lebanon 
  19. Mesir 

Pada bulan Mei 2021, ada 11 negara yang mulai diizinkan untuk kembali menerbangkan pesawat ke Arab Saudi secara langsung, namun tidak dengan Indonesia. Bahkan pada 21 Juli, Arab Saudi menghimbau agar warganya yang sedang berada di indonesia untuk segala kembali. Arab saudi juga melarang warganya untuk datang ke indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kemudian pada 25 Juli kemarin, Arab Saudi mengumumkan akan membuka kembali perjalanan umrah internasional pada 10 Agustus 2021 atau bertepatan dengan 1 Hijriah 1443 H. Semua negara yang sebelumnya telah dicabut pelarangannya boleh menerbangkan jamaahnya secara langsung, kecuali Indonesia dan 8 negara lainnya.

Bukannya tidak boleh, namun warga negara yang berasal dari kesembilan negara tersebut perlu melakukan beberapa hal khusus diantaranya adalah dengan melakukan karantina di negara ketiga selama 14 hari sebelum dapat melanjutkan penerbangan untuk memasuki kawasan Arab Saudi.

Calon jamaah juga diwajibkan telah melakukan vaksinasi dari empat vaksin yang direkomendasikan oleh pihak Arab Saudi, diantaranya AstraZeneca, Moderna, Johnson and Johnson/Janssen dan Pfizer.

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X