Ini Kata Ustaz Yusuf Mansyur Usai Dituding Pilih-pilih Pendonor

- Minggu, 25 Juli 2021 | 11:37 WIB
Ustaz Yusuf Mansur.
Ustaz Yusuf Mansur.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pendakwah Ustaz Yusuf Mansur  dirawat di RSPAD Gatot Subroto pada Rabu, 21 Juli 2021, karena rendahnya kadar hemoglobin. Dia harus menjalani perawatan intensif hingga transfusi darah.

Namun di tengah sakitnya, Yusuf Mansyur dituding sebagai seorang yang sombong karena memilih pendonor darah hanya dari orang-orang yang hafal Alquran. Tudingan ini menurutnya tidak benar karena dirinya sempat menerima donor darah dari orang yang tidak dikenal.

Ustaz Yusuf Mansur menjelaskan, tudingan pilih-pilih pendonor terjadi karena pendapatnya soal “menyatukan darah.” Menurutnya, darah memiliki memori, rekam jejak dari pendonor yang akan terbawa juga kepada orang yang menerima donor.

Hal ini yang membuatnya terpikir untuk mendapat donor darah dari orang yang hafal Aquran dan soleh.

“Nah gegara ini, saya disebut sebagai yang milih-milih. Aslinya, enggak. Nggak bisa milih juga, wong hb (hemoglobin) saya udah drop sampe lima,” kata Yusuf Mansyur, dari keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Minggu, 25 Juli 2021.

Karena harus segera menerima transfusi darah, Ustaz Yusuf langsung diberikan darah yang dimiliki rumah sakit tanpa memilih-milih pendonor. Namun dirinya ternyata butuh empat kantong darah untuk menaikkan kadar hemoglobin-nya.

Barulah untuk kantong kedua hingga keempat, pimpinan Ponpes Darul Quran ini mencari pendonor darah dari kerabatnya. 

“Tapi sebagaimana saya tulis, saya rupanya masih bisa memilih untuk kantong ke-2, ke-3, ke-4. sebab kata tim dokter, targetnya, dibawa ke 8 dulu nih hb. perlu setidaknya empat kantong. Dengan masuk satu kantong dulu, maka saya ada kesempatan nyari sendiri, tiga kantong darah lain,” tambahnya. 

Dari pencariannya, ada 13 orang dari Ponpes Darul Quran dan adiknya yang mau mendonorkan darahnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Cegah Omicron, Indonesia Larang WN dari Hong Kong

Senin, 29 November 2021 | 15:46 WIB

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB
X