Hadapi Kenaikan Kasus Covid-19, Dokter Ungkap 3 Hal yang Penting Dilakukan

- Kamis, 22 Juli 2021 | 00:02 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Saat ini, sebaran kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk menghadapinya, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan masyarakat agar virus tidak semakin melonjak.

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, hal pertama dan terutama untuk mencegah infeksi Covid-19 adalah dengan disiplin melindungi diri dengan patuh pada protokol kesehatan. Hal tersebut juga akan bermanfaat bagi lingkungan sekitar Anda. 

“Pakai masker dobel, jaga jarak dengan tetap di rumah, cuci tangan sesering mungkin,” ujar dr. Reisa dalam keterangannya, Rabu 21 Juli 2021. 

Kemudian, kurangi keluar rumah atau turunkan mobilitas dan jauhi kerumunan. Virus corona penyebab Covid-19 membutuhkan manusia sebagai 'inang' nya. 

"Sehingga, semakin banyak manusia berkumpul di satu tempat, semakin besar pula kemungkinan virus menyebar," ungkapnya.

Apabila Anda telah terkonfirmasi positif, segera lapor ke Puskesmas atau Satgas setempat. Bila gejala ringan, gunakan telemedis yang telah tersedia secara gratis dan tunggu bantuan datang.

“Ingat anda tidak sendirian, kita akan saling membantu, dirawat di rumah sakit atau tidak adalah keputusan dokter,” katanya.

Rawat Diri Selama Isoman

dr. Reisa mengingatkan, apabila Anda dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan adn menjalani isolasi mandiri, rajin-rajinlah mengecek kesehatan Anda. Caranya dengan secara berkala mengukur suhu tubuh, saturasi oksigen, dan tensi darah.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Jawabannya

Kamis, 23 September 2021 | 10:59 WIB

Jadwal Resmi Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Kamis, 23 September 2021 | 10:23 WIB

Pegawai Jiwasraya Protes Dirugikan: Cuti Tidak Dibayar

Rabu, 22 September 2021 | 22:42 WIB
X