Ketika Pelajar Tanya ke Presiden Soal PPKM Darurat, Ini Jawaban Jokowi

- Rabu, 14 Juli 2021 | 13:03 WIB
Tristin dari SMAN 39 Jakarta bertanya kepada Presiden Joko Widodo soal PPKM Darurat.
Tristin dari SMAN 39 Jakarta bertanya kepada Presiden Joko Widodo soal PPKM Darurat.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Saat menyaksikan secara virtual vaksinasi Covid-19 bagi pelajar SMP dan SMA yang tersebar di 14 Provinsi di Indonesia, Presiden Joko Widodo mempersilahkan kepada siswa untuk menanggapi soal vaksinasi tersebut.

Namun, alih-alih menanggapi soal vaksinasi, seorang siswi dengan panggilan Tristin dari SMAN 39 Jakarta bertanya kepada Presiden Joko Widodo soal PPKM Darurat.

"Adapun pertanyaan yang ingin saya ajukan, yaitu apa pengaruh dari penerapan PPKM (Darurat) dengan kenaikan kasus Covid-19 saat ini (di Indonesia)," ujar Tristin, Rabu 14 Juli 2021.

Menanggapi pertanyaan Tristin, Jokowi mengatakan, diberlakukannya PPKM Darurat itu dengan tujuan meminimalisir interaksi, pertemuan antara orang dengan orang, antara kelompok dengan kelompok.

Karena bila dalam pertemuan tanpa diketahui ada satu orang saja yang positif Covid-19, lanjut Jokowi, tanpa disadari maka penyebaran virus akan terjadi ke mana-mana. 

"Jadi PPKM (Darurat) ini mengurangi mobilitas, mengurangi pertemuan, sehingga akan mengurangi penyebaran Covid-19," kata Jokowi.

Ia menuturkan, dalam sebuah teori menyebutkan jika mobilitas dari masyarakat turun, interaksi antarorang turun, maka penyebaran dari Covid-19 juga dipastikan akan turun.

Itulah sebabnya, kata Jokowi, mengapa negara-negara besar di dunia ada yang memberlakukan lockdown, ada yang melakukan pembatasan secara ketat dan ada pula yang melaksanakan PPKM secara mikro.

"Tapi intinya, baik itu lockdown maupun PPKM, (bertujuan) untuk mengurangi mobilitas, mengurangi pertemuan, intinya seperti itu pembatasan itu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X