Teks Ulasan (Lengkap): Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

- Senin, 12 Juli 2021 | 14:30 WIB
UNESCO Sebut 2.500 Bahasa di Dunia Terancam Punah.
UNESCO Sebut 2.500 Bahasa di Dunia Terancam Punah.

Teks ulasan menjadi sebuah karya sastra dan dibentuk dari rangkaian kata yang menunjukkan ulasan maupun penilaian suatu objek. Biasanya mengulas pertunjukkan film dan karya tulis seperti novel. Simak pembahasan mengenai teks ulasan (lengkap): pengertian, ciri, struktur, contoh untuk memperkaya khazanah pengetahuan di kutip laman creasi.co.id.

Perkembangan zaman dan teknologi membuat teks ulasan digunakan dalam beberapa aspek kehidupan. Salah satunya dalam website maupun media sosial. Seringkali pengelola website meminta kepada pengunjung online untuk memberikan ulasan dan kesan dalam bentuk feedback.

Apa Itu Pengertian Teks Ulasan?

Teks ulasan merupakan sebuah teks tertulis yang disampaikan oleh seorang yang ahli dalam mengulas atau reviewer. Ulasan yang diberikan dapat disusun menyerupai artikel dan disampaikan ke depan publik. Baik berupa berita di media massa atau secara langsung di depan televisi. 

Terdapat beberapa nama lain tentang teks ulasan yakni resensi (pada buku) dan review yang bersifat lebih umum. Dengan demikian karya yang diulas tidak hanya berasal dari karya tertulis saja. Akan tetapi bisa mengulas karya musik, kuliner, berita olahraga dan karya lainnya. 

Tujuan dan Ciri Khas yang Terkandung dalam Teks Ulasan

1. Tujuan Teks Ulasan untuk Sebuah Karya

Terdapat beberapa tujuan penting dalam sebuah penulisan teks ulasan, di antaranya:

a. Memberikan pandangan opini terhadap sebuah karya yang diulas.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Aksara Kawi Akan Rilis di Tabel Unicode Tahun 2022

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:21 WIB
X