Pemerintah Belanda Kirim 3 Juta Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

- Jumat, 2 Juli 2021 | 12:50 WIB
Ilustrasi -- Sebanyak 998.400 dosis vaksin AstraZeneca saat tiba di Indonesia.
Ilustrasi -- Sebanyak 998.400 dosis vaksin AstraZeneca saat tiba di Indonesia.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Jepang telah mengirimkan 998.400 dosis vaksin Covid-19 dengan merk AstraZeneca ke Indonesia pada Kamis 1 Juli 2021. Sekarang giliran Pemerintah Belanda yang akan mengirimkan vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Pemerintah Belanda akan mengirimkan bantuan vaksin ke Indonesia sebanyak 3 juta dosis vaksin jadi.

Hal itu disampaikannya ketika selesai bertemu dengan beberapa pejabat Belanda seperti Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag di Den Haag pada Kamis malam waktu Indonesia.

“Pengirimannya (vaksin) akan dilakukan secepatnya. Tentunya pembicaraan terkait dengan kerja sama kesehatan saya lakukan dengan terus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Indonesia,” ujar Retno dalam keterangan persnya, Jumat 2 Juli 2021.

Retno tidak membeberkan lebih detail vaksin merk apa yang akan dikirimkan Pemerintah Belanda untuk Indonesia. Pertemuan Retno dengan pejabat Belanda tidak hanya menghasilkan diplomasi vaksin saja.

Kedua negara kemungkinan akan menjajaki kerjasama di bidang kesehatan lain. Retno menyebut Indonesia dan Belanda akan bekerjasama untuk obat-obatan terapeutik.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jemaah Bisa Umrah Setelah Karantina Lima Hari

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:34 WIB
X