Ternyata Ini Alasan Banyak Orang Ngebet Ingin Jadi PNS

- Kamis, 1 Juli 2021 | 10:25 WIB
PNS.
PNS.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pendaftaran CPNS 2021 sudah dimulai, banyak orang yang sudah menunggu momen seperti ini untuk mewujudkan mimpinya. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan impian kebanyakan orang.

Pekerjaan ini menjadi cita-cita mayoritas orang di Indonesia. Tidak hanya bagi pribadi, bagi kebanyakan orang tua, seorang PNS dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan anak dan calon menantunya.

Selain itu, banyak alasan mengapa banyak orang Indonesia ingin dan mendambakan jadi seorang PNS. Inilah beberapa alasan yang membuat kebanyakan orang ingin Indonesia jadi PNS:

Jaminan Hidup Dari Pemerintah

Selain mendapatkan dana pensiun, menjadi seorang PNS akan memberikan jaminan kehidupan layak di hari tua. Banyak orang tua yang berharap anaknya tidak mengalami kesulitan pada saat muda dan ketika mereka tua. Sehingga jalan menjadi PNS menjadi pilihan profesi terbaik di Indonesia.

Konon PNS Enteng Jodoh

Ini entah mitos atau fakta, seorang PNS katanya akan dengan mudah mendapatkan jodoh. Bukan alasan kosong, dengan jaminan hidup hingga hari tua orang tua mana yang enggan memiliki seorang menantu PNS. Selain itu, seorang menantu PNS juga masih menjadi idaman beberapa orang tua karena mereka menganggap seorang PNS tidak hanya bisa menghidup dirinya, tapi ia juga bisa menghidupi anak, istri bahkan keluarganya dengan baik.

Tidak Akan di-PHK Meskipun Kinerja Tidak Terlalu Tinggi

Menjadi seorang PNS sudah dipastikan akan terhindari dari Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK. Hal ini, menjadi alasan utama kenapa banyak orang Indonesia memilih menjadi seorang PNS, daripada menjadi pekerja swasta yang memiliki risiko PHK tinggi. Status PNS membuat kebanyakan untuk bekerja dengan nyaman tanpa ada rasa khawatir akan dipecat meskipun kinerjanya tidak terlalu tinggi. Paling resiko terbesar adalah mutasi.

Penghasilan dan Tunjangan yang Bikin Ngiler

Bekerja di sebuah perusahaan swasta atau perusahaan startup memiliki risiko yang tidak sebanding dengan PNS. Salah satunya adalah penghasilan tidak menentu, lembur yang tidak dibayar atau bahkan perusahaan yang bangkrut karena beberapa faktor.

Sementara bekerja sebagai PNS akan memberikan kepastian akan upah dan tunjangan yang diberikan. Tunjangan PNS tidak main-main loh, ada yang melebihi seorang manajer di perusahaan swasta. Tidak hanya untuk pegawainya, para PNS juga menerima banyak hak tunjangan untuk anak, istri dan jaminan kesehatan dengan kelas AAA.

Tidak Ada Target Serta Ada Jenjang Karier yang Jelas

PNS tidak akan diberikan beban untuk mengejar target dan setoran. Kamu tidak perlu memikirkan apakah saya akan digaji atau dapat bonus. Gaji seorang PNS telah dipastikan nominal dan besarannya. Selain itu bekerja menjadi seorang PNS disebut lebih nyaman, santai, dan beberapa bilang tekanannya hampir tidak ada.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Polisi Selidiki Aktor Bentrokan Double O Sorong

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:54 WIB

19 Orang Meninggal dalam Bentrok di Double O Sorong

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:53 WIB

Sekolah Induk Jadi Prioritas di PPPK Tahap 3?

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:00 WIB
X