CEK FAKTA: Hoaks Resep Obat Covid-19 Wisma Atlet Dapat Diminum Tanpa Anjuran Dokter

- Selasa, 29 Juni 2021 | 07:27 WIB
Narasi Hoaks Resep Obat Covid-19 Wisma Atlet Dapat Diminum Tanpa Anjuran Dokter.
Narasi Hoaks Resep Obat Covid-19 Wisma Atlet Dapat Diminum Tanpa Anjuran Dokter.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Di Whatsapp beredar informasi berisikan resep obat Covid-19 yang biasa digunakan oleh Rumah Sakit. Dalam gambar itu disebutkan rumah sakit yang dimaksud adalah Wisma Atlet, Jakarta.

"Kalau ada yg terinfeksi covid tidak perlu panik dan tidak harus ke RS kalau memang tidak terlalu parah sesak napas sampai perlu iCU dan ventilator, karena saat ini RS khusus covid semua penuh."

"Silakan di-share ke semua yang membutuhkan karena ini resep dokter yang sudah teruji dan dipakai di RS Covid Wisma Atlet Jakarta, semoga dapat membantu dan cepat sembuh."

Demikian sebagian narasi pada informasi tersebut. Lantas, benarkah isi informasi yang tersebar itu?

Pemeriksaan Fakta

Salah satu dokter spesialis ahli paru (Pulmonologi) di RSDC Wisma Atlet Jakarta, dr Efriadi, SpP menegaskan, informasi daftar resep obat Covi-19 yang tersebar dalam bentuk gambar itu tidak sepenuhnya benar.

Dalam akun Twitter-nya, @efriadzadr ia menulis, beberapa obat-obatan yang tertera dalam informasi tersebut memang dipakai sebagai terapi di Wisma Atlet.

"Tetapi pemakaian ada aturannya sesuai dengan terapi Dokter Penanggung Jawab Pasien sesuai derajatnya. Bukan seperti di bawah ini, mohon jangan diikutui, asli ngaco ini," tegasnya dalam unggahan informasi resep tersebut.

Dokter spesialis penyakit dalam. dr. Andi Khomeini Takdir Haruni., Sp.PD, menyebut postingan yang beredar viral itu tidak benar.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Daftar Vaksin Covid-19 Online dengan PeduliLindungi

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:00 WIB

9 Daerah Turun Status ke PPKM Level 1, Ada Bandung?

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:47 WIB

Resmi! PPKM Diperpanjang Lagi hingga 1 November 2021

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:25 WIB

Kemenag Siap Selenggarakan Haji, Ini Syaratnya

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:14 WIB
X