CEK FAKTA: Hoaks WHO Tetapkan Indonesia Negara A1 High Risk Covid-19

- Senin, 28 Juni 2021 | 07:42 WIB
Informasi dalam bentuk pesan berantai berisikan, World Health Organization (WHO) menetapkan Indonesia menjadi negara A1 atau high risk, tersebar luas di Whatsapp.
Informasi dalam bentuk pesan berantai berisikan, World Health Organization (WHO) menetapkan Indonesia menjadi negara A1 atau high risk, tersebar luas di Whatsapp.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Informasi dalam bentuk pesan berantai berisikan, World Health Organization (WHO) menetapkan Indonesia menjadi negara A1 atau high risk, tersebar luas di Whatsapp.

Dalam informasi itu, disebutkan Indonesia dikategorikan oleh WHO sebagai negara high risk seperti India, Pakistan, Brasil, Filipina, dan sejumlah negara Afrika. Berikut narasi pada pesan berantai tersebut:

"BERITA TERBARU!

Secara resmi, hari ini WHO telah mendeklarasikan Indonesia sebagai negara A1 High Risk. Kami sekarang termasuk dalam kategori yang sama dengan India, Pakistan, Brasil, Filipina, dan sejumlah negara Afrika.

Artinya, negara lain berhak menolak dan melarang siapa pun yang berasal dari Indonesia (dan negara-negara lain yang terdaftar di A1) memasuki wilayahnya.

Jumlah infeksi varian Covid meningkat drastis dalam sebulan terakhir, terutama di daerah perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Sangat disarankan bagi semua orang untuk tetap terkurung dan menahan diri dari berkumpul dengan publik untuk menghindari penyebaran virus lebih lanjut."

Pemeriksaan Fakta

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan pesan berantai yang menyebutkan WHO telah menetapkan Indonesia sebagai negara high risk adalah hoaks.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X