CEK FAKTA: BPKH Sebut Jemaah yang Tarik Dana Haji Konsekuensinya Tidak Berhaji Seumur Hidup

- Senin, 14 Juni 2021 | 10:14 WIB
CEK FAKTA: BPKH Sebut Jemaah yang Tarik Dana Haji Konsekuensinya Tidak Berhaji Seumur Hidup
CEK FAKTA: BPKH Sebut Jemaah yang Tarik Dana Haji Konsekuensinya Tidak Berhaji Seumur Hidup

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Salah seorang pengguna Facebook mengunggah sebuah link berita di grup publik Facebook, tvOneNews TV. Link itu ketika diklik menuju ke situs nalars.com dengan judul berita "BPKH: Jemaah yang Tarik Dana Haji Konsekuensinya Kemungkinan Tidak Berhaji Seumur Hidup".

Pengunggah, Aly Pilliang juga menambahkan narasi pada unggahannya, yaitu "dia pakai ancaman guys, SIDONGOOOOOO".

Benarkah Badan Pengelola Keuangan Haji mengatakan jemaah yang menarik kembali dana hajinya akan kena konsekuensi bahwa ia tak bisa berhaji seumur hidupnya?

Pemeriksaan Fakta

Penelusuran dimulai dengan kata kunci "BPKH Sebut Jemaah yang Tarik Dana Haji Konsekuensinya Kemungkinan Tidak Berhaji Seumur Hidup" di kolom pencarian Google.

Hasilnya, terdapat beberapa artikel yang dapat membantah pernyataan tersebut. Artikel pertama dari antaranews.com. Artikel itu berjudul "BPKH Siap Kembalikan Dana Jamaah Haji yang Ingin Tarik Dananya", dirilis pada Senin, 7 Juni 2021.

Inti pada artikel antaranews.com itu adalah, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu menyebut calon jemaah bisa menarik kembali dana haji setelah pemerintah memutuskan pembatalan haji 2021.

"Pada prinsipnya kami akan mengembalikan permintaan untuk pembatalan dan pencairan, karena ini uangnya jamaah kami harus layani," ujar Anggito Abimanyu dalam webinar bertajuk "Dana Haji Aman", 7 Juni 2021.

Kendati demikian, Anggito mengingatkan jemaah haji yang menarik dananya kembali bakal kehilangan antrean pemberangkatan. "Kalau ditarik tentu akan mengakibatkan kehilangan antrean, proses awal lagi. Jadi memang ada konsekuensinya," tuturnya.

Artinya, pernyataan bagi jamaah haji yang menarik dananya maka tidak dapat berhaji seumur hidupnya adalah pernyataan yang dipelintir.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB

Resmi, PPKM Level 3 Diterapkan di Semua Daerah

Rabu, 24 November 2021 | 20:28 WIB
X