Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Selamat Jalan Bapak Mochtar Kusumaatmadja

- Minggu, 6 Juni 2021 | 12:07 WIB
Mochtar Kusumaatmadja
Mochtar Kusumaatmadja

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja mantan Menlu RI, Menteri Kehakiman RI, dan pakar hukum laut internasional dikabarkan hari ini, Minggu, 6 Juni 2021 pukul 09.15 meninggal dunia di RS Siloam, Jakarta.

Alamat rumah duka: Jl. Balitung 3 No 2 Kebayoran Baru, Jakarta. Belum diketahui pakar hukum internasional itu akan dimakamkan di mana.

Mochtar Kusumaatmadja yang lahir Jakarta, 17 Februari 1929, adalah seorang akademisi dan diplomat ulung Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dari tahun 1974 sampai 1978 dan Menteri Luar Negeri dari tahun 1978 sampai 1988.

Selain itu, ia adalah guru besar di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung. Definisinya tentang hukum yang berbunyi "Hukum adalah keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah yang mengatur kehidupan masyarakat, termasuk di dalamnya lembaga dan proses untuk mewujudkan hukum itu ke dalam kenyataan", dianggap paling relevan dalam menginterpretasikan hukum pada saat ini. Doktrin ini menjadi mahzab yang dianut di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran hingga saat ini.

Pria yang memulai karier diplomasi pada usia 29 tahun ini dikenal piawai dalam mencairkan suasana dalam suatu perundingan yang amat serius bahkan sering menegangkan. Dia terkenal cepat berpikir dan melontarkan kelakar untuk mencairkan suasana. Ia juga dikenal sebagai diplomat penggemar olahraga catur dan punya berkemampuan berpikir cepat.

Semoga almarhum Bapak Mochtar Kusumaatmadja mendapat husnul khotimah, diberi kelapangan dan lindungan damai kasih-Nya. Terima kasih atas jasa pengabdianmu bagi bangsa dan negara.

Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan. Aamiin.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Jawabannya

Kamis, 23 September 2021 | 10:59 WIB

Jadwal Resmi Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Kamis, 23 September 2021 | 10:23 WIB

Pegawai Jiwasraya Protes Dirugikan: Cuti Tidak Dibayar

Rabu, 22 September 2021 | 22:42 WIB
X