Menkes Pantau Proses Vaksinasi Covid-19 Perdana untuk ODGJ

- Selasa, 1 Juni 2021 | 15:13 WIB
Menkes Budi Gunadi Pantau Langsung Proses Vaksinasi Covid-19 Perdana Untuk ODGJ.
Menkes Budi Gunadi Pantau Langsung Proses Vaksinasi Covid-19 Perdana Untuk ODGJ.

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Saat ini pemerintah mengalokasikan vaksin covid-19 untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Pemberian vaksin covid-19 kepada ODGJ, merupakan kali pertama dilakukan oleh pemerintah. Bahkan pemberian vaksin covid-19 perdana untuk ODGJ tersebut, dihadiri langsung Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa pasien ODGJ rawan terpapar covid-19. Karena, mereka pada umumnya memiliki penyakit bawaan (komorbid) lebih banyak dari orang normal dan sulit menyampaikan keluhannya secara jelas.

"Umumnya ODGJ memiliki banyak komorbid. Karena mereka tidak bisa menceritakan apa yang mereka alami, sehingga mereka lebih rawan dibanding seperti yang lainnya," katanya, saat meninjau vaksinasi covid-19 RS Marzoeki Mahdi, Kota Bogor, Selasa 1 Juni 2021.

Menurutnya, orang dengan kondisi tersebut jumlahnya cukup banyak di Indonesia. Sehingga, pemberian vaksinasi ODGJ masuk dalam prioritas. "Atas beberapa pertimbangan itu, kami jadikan ODGJ sebagai salah satu kategori prioritas penerima vaksin," ujarnya.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi ODGJ ini berjalan hampir sama pada umumnya. Pasien yang sudah terdaftar, tetap menjalani skrining oleh petugas medis.

Setelah itu, pasien menuju meja penyuntikan didampingi oleh perawat rumah sakit. Kemudian, mereka juga harus menunggu observasi 30 menit sebelum kembali ke tempatnya masing-masing.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X