Ibu Kota Negara Dapat Skor Terburuk Pengendalian Pandemi, Begini Kata Menkes

- Jumat, 28 Mei 2021 | 19:10 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI buka suara soal DKI Jakarta yang mendapat skor terburuk dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, skor yang dimaksud bukan terkait penilaian kinerja daerah. 

"Saya tegaskan lagi bukan penilaian kinerja dari daerah, baik provinsi kabupaten atau kota," kata Budi dalam siaran pers di YouTube Kemenkes RI, Jumat 28 Mei 2021.

Menurut Budi, skor yang dimaksud merupakan indikator risiko yang dipakai Kementerian Kesehatan RI secara internal. Hal ini untuk melihat laju penularan pandemi Covid-19.

"Data-data dan angka merupakan faktor indikator risiko adalah merupakan indikator risiko berdasarkan pedoman WHO terbaru yang digunakan sebagai analisa internal di Kemenkes, untuk melihat persiapan kita sebagai lonjakan kasus pasca liburan lebaran kemarin," ujar Budi.

Budi mengaku, indikator tersebut baru dibahas empat pekan yang lalu. Mempelajari apakah penerapan penilaian tersebut cocok ditetapkan di beberapa provinsi atau wilayah hingga kota.

"Kita masih terus melakukan modifikasi dari kebijakan dan intervensi dari mencari mana yang paling pas untuk isa mengatasi pandemi, ada yang awalnya baik tapi kemudian dengan adanya mutasi baru dia mengubah," tandasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X