Kakorlantas: 1,5 Juta Orang Akan Kembali ke Jabodetabek

- Minggu, 16 Mei 2021 | 06:57 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono.
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, diperkirakan 1,5 juta orang bakal kembali ke wilayah Jabodetabek usai Lebaran. Data tersebut merujuk dari Kementerian Perhubungan RI.

"Perjalanan balik ini sebagai data awal, 1,5 juta orang ada di Jawa dan Sumatera yang dari Jabodetabek kemungkinan akan balik ke Jabodetabek," ungkap Irjen Pol Istiono saat meninjau pelaksanaan rapid test antigen acak di Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi pada Sabtu, 15 Mei 2021, seperti dilaporkan Suara.com, jaringan Ayobandung.com.

Ia memprediksi puncak arus balik Lebaran 2021 bagi pemudik yang lolos penyekatan kemungkinan bakal terjadi pada Minggu, 16 Mei 2021. Sebab, hingga Sabtu, 15 Mei 2021, malam ini belum terlihat peningkatan arus lalu lintas menuju wilayah Jabodetabek.

Kakorlantas membeberkan, hingga saat ini volume arus kendaraan menuju Jawa Barat dan Sumatera rata-rata menurun 68%. Begitupun yang masuk ke wilayah Jakarta mengalami penurunan 56%.

"Artinya belum ada tanda pergerakan dari Jawa Tengah dan Jabar menuju Jakarta. Besok memasuki fase perjalanan balik," ujarnya.

Sebagai antisipasi penularan Covid-19 yang dibawa pemudik, terang Irjen Pol Istiono, pihaknya bersama instansi terkait sudah menyiapkan pos-pos pemeriksaan rapid test antigen acak baik di jalur dari arah Sumatera maupun Jawa yang menuju Jabodetabek.

Polri bersama Satgas Penanganan Covid-19 menyiapkan sekitar 109 titik check point baik di jalan tol maupun jalan arteri yang mengarah dari Sumatera dan Jawa menuju Jabodetabek. Pemudik yang tidak membawa surat bebas Covid-19 akan dilakukan random check di lokasi yang sudah ditentukan.

"Dari Jawa ke Jabodetabek random tes sudah berjalan. Seluruh Jawa Barat di pos cek poin penyekatan ada 35 cek poin, sudah dilakukan random test antigen sebanyak 849 orang. Reaktif hanya 1 orang," beber Kakorlantas.

Irjen Pol Istiono mengatakan, arus balik bagi pemudik dari Sumatera yang lolos penyekatan menjadi perhatian. Sebab, kasus Covid-19 di wilayah Sumatera cenderung naik.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Heboh M Kece Dianiaya Irjen Napoleon, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 08:28 WIB

PPKM Diperpanjang Lagi? Besok Pengumumannya

Minggu, 19 September 2021 | 09:54 WIB

Masyarakat Harus Disiplin Pakai Masker di Acara Keagamaan

Minggu, 19 September 2021 | 09:06 WIB
X