BLT UMKM 2021 Katanya Cair Hari Ini, Cek Namanu di BRI dan BNI Secara Online

- Rabu, 12 Mei 2021 | 10:44 WIB
Ilustrasi -- Pembagian BLT UMKM. Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor R Medi Sandora saat memberikan penjelasan kepada para pelaku UKM.
Ilustrasi -- Pembagian BLT UMKM. Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor R Medi Sandora saat memberikan penjelasan kepada para pelaku UKM.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Hingga saat ini pemerintah masih menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) senilai Rp1,2 juta.

Dana bantuan tersebut akan disalurkan melalui rekening bank penyalur, yaitu bank Himpunan Milik Negara (Himbara) seperti BRI dan BNI. Dikutip dari kemenkopumkm.go.id, jika pelaku UMKM tidak memiliki rekening di bank penyalur BPUM, nantinya calon penerima akan dibuatkan rekening baru pada saat pencairan oleh bank penyalur.

Oleh karena itu, kamu harus cek lama resmi banpresbpum.id atau eform.bri.co.id/bpum sebelum mencairkan dana bantuan. Beberapa waktu lalu, Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya mengatakan pencairan dana BLT UMKM tahap II tahun 2021 ini dilakukan sebelum Lebaran, artinya kemungkinan pada hari ini, Rabu 12 Mei 2021.

“Sekarang masih proses data dinas yang masuk sesuai dateline 30 April kemarin,” kata Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, dalam channel YouTube Lawan Covid-19, Rabu 5 Mei 2021 lalu.

Lalu, bagaimana cara mencairkan dana BLT UMKM tahap II? Melansir dari akun Instagram resmi @kemenkopumkm, penerima bantuan tahun lalu masih bisa menerima kembali di tahun ini tanpa harus melakukan pengusulan ulang.

Sebelum mencairkan bantuan, calon penerima yang sudah terverifikasi dan dinyatakan sebagai penerima akan mendapat notifikasi dan lembaga penyaluran, yakni bank BUMN, bank BUMD, dan PT Pos Indonesia.

Calon penerima akan mendapatkan pemberitahuan yang dikirimkan lewat pesan singkat WhatsApp dan/atau SMS dan/atau panggilan telepon.

Setelah mendapatkan informasi, penerima dapat mendatangi lembaga penyalur dengan membawa dokumen seperti e-KTP, fotokopi Nomor Induk Berusaha (NIB)/SKU, dan kartu keluarga (KK).

Kemudian, mengkonfirmasi dan menandatangani pertanggungjawaban mutlak sebagai penerima BPUM. Setelah itu, bank penyalur akan mencairkan dana sekaligus Rp1,2 juta ke nomor rekening yang didaftarkan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X