Dugaan Kasus Pelanggaran Hak Konsumen oleh Shopee Makin Panas

- Selasa, 6 April 2021 | 09:25 WIB
Logo Shopee.
Logo Shopee.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Firman Turmantara, Ketua Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) menyarankan agar menggungat ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) bila kasus dugaan pelanggaran hak konsumen oleh Shopee terus berlanjut.

Dugaan pelanggaran ini bermula dari tidak bebasnya pembeli dalam memilih ekspedisi setelah melakukan transaksi di marketplace tersebut. Kejadian ini sempat dialami oleh Dindin (25).

"Gugat saja ke BPSK Kota Bandung alamatnya di Jalan Bojong Raya No.94, Kota Bandung, dekat SPBU," ujarnya kepada Ayobandung.com, Senin 5 April 2021.

Sebelumnya, kasus tidak bebasnya pembeli dalam memilih ekspedisi setelah transaksi di Shopee menjadi viral di Twitter pada 3 April 2021.

Dalam utas itu terdapat berbagai tangkapan layar mengenai ulasan pengguna Shopee di Play Store. Rata-rata mereka mengungkapkan rasa kekecewaannya atas sulitnya memilih jasa ekspedisi di Shopee.

"Kembalikan opsi pemilihan kurir seperti dulu! Bagi saya bukan gratis ongkirnya yang saya cari,  tetapi soal cepat atau enggaknya barang itu sampai ke tangan saya!!," tulis salah seorang pengguna Shopee.

Pengguna lainnya menyatakan hal yang sama. Ia mengatakan, ia merasa tidak nyaman ketika jasa pengiriman harus ditentukan oleh pihak Shopee.

"Jasa pengiriman yang harus ditentukan oleh Shopee sendiri. Peraturan seperti apa itu?," ucap pengguna Shopee lainnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Mentan Minta Ketangguhan Sistem Pangan Diperkuat

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:03 WIB

Resmi, Segini Harga Tarif PCR Terbaru di Jawa-Bali

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:51 WIB
X