Konsumen Tak Bisa Pilih Ekspedisi, Shopee Dikritik Warganet

- Minggu, 4 April 2021 | 05:30 WIB
Shopee, yang dikritik warganet karena membuat pembeli tak bisa memilih ekspedisi sendiri.
Shopee, yang dikritik warganet karena membuat pembeli tak bisa memilih ekspedisi sendiri.

CIBIRU, AYOBANDUNG.COM -- Shopee menuai kritik dari warganet karena pembeli tidak bisa memilih jasa ekspedisi sesuka hati. Setiap melakukan pemesanan, pembeli akan dipilihkan jasa ekspedisinya oleh Shopee

Dindin (25), salah seorang pengguna Shopee yang sudah setia menggunakan marketplace tersebut selama tiga tahun, mengungkapkan kekecewaannya saat dia tidak bisa lagi memilih layanan ekspedisi yang biasa dia gunakan. 

"Saya di Shopee sudah sekitar 3 tahunan. Kalau untuk e-commerce yang menjadi pilihan utama sudah pasti Shopee karena dari tampilannya juga sudah menarik perhatian pembeli dan nyaman digunakan. Apalagi dengan fitur-fitur Shopee seperti spaylater/spinjam itu membantu saya dalam bertransaksi dan juga pinjaman uang yang serba praktis," ujar Dindin kepada Ayobandung.com, Sabtu 4 April 2021.

Dindin yang sudah merasa nyaman dengan Shopee pun merasa dirugikan ketika dia tidak bisa lagi memilih jasa layanan yang dia inginkan. Bagi Dindin, setiap jasa ekspedisi memiliki kualitas pelayanan yang berbeda-beda untuk setiap wilayah.

Oleh karena itu, yang lebih tahu mana jasa ekspedisi yang tepat untuk digunakan adalah pembeli yang akan menerima barang dari kurir. 

"Kalau untuk kebijakan baru yg dibuat ini saya tidak tahu kapan. Tapi, setelah saya mau bertransaksi, kenapa ada kebijakan baru yang merugikan banyak pihak mulai dari seller, buyer, ekpedisi juga bisa terdampak," sambungnya. 

Menurut Dindin, Shopee memaksa pembeli untuk menggunakan jasa pengiriman milik Shopee, yaitu Shopee Express. Padahal, Dindin lebih merasa nyaman saat dia bisa memesan jasa pengiriman sesukanya. 

"Jasa pengiriman terbaik itu adalah jasa kirim yang diinginkan pelanggan, bukan jasa kirim yang dipilihkan," tegas Dindin. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Cegah Omicron, Indonesia Larang WN dari Hong Kong

Senin, 29 November 2021 | 15:46 WIB

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB
X