Hari Film Nasional, Jokowi Kenang Sineas Legendaris Usmar Ismail

- Selasa, 30 Maret 2021 | 15:05 WIB
Usmar Ismail, seorang sutradara film kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.
Usmar Ismail, seorang sutradara film kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

TEBET, AYOBANDUNG.COM — Tanggal ini (30 Maret), Indonesia memeringati Hari Film Nasional. Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyampaikan pesan-pesan mereka untuk Hari Film Nasional 2021.

Dalam cuitan yang diunggah bertepatan dengan peringatan Hari Film Nasional kali ini, Presiden Jokowi mengenang sosok Usmar Ismail, seorang sutradara film kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat

Dikutip dari cuitan Twitter @jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sedikit mengulas tokoh film Indonesia yang lahir tepat pada hari ini seratus tahun yang lalu.

"Hari ini 100 tahun lampau, tokoh film Indonesia Usmar Ismail lahir," tulis Jokowi.

Usmar, yang juga berprofesi sebagai wartawan dan sastrawan, "71 tahun lalu ... menjadi sutradara film pertama produksi Indonesia," lanjut Jokowi.

Pada Hari Film Nasional ini, Jokowi berharap agar momentum kelahiran film Indonesia menjadi dasar kebangkitan film tanah air.

"Kita mengenang momentum kelahiran film Indonesia itu dan menjadikannya tonggak kebangkitan kembali film-film nasional," tutup Jokowi dalam postingannya.

Sementara itu, Sandiaga Uno menyampaikan harapannya untuk dunia perfilman Indonesia. Ia berharap, pelaku perfilman di Indonesia berani berinovasi, salah satunya dengan menciptakan film berformat vertikal yang bertujuan untuk meningkatkan semangat insan film untuk terus berkarya di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu platform digital video pendek meluncurkan sebuah fitur yang dikhususkan untuk film. Dalam fitur tersebut, penonton dapat menyaksikan film dengan durasi yang pendek dan berformat vertikal.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X