Tilas Wudu Sunan Kalijaga di Sendang Wonodri

- Rabu, 17 Maret 2021 | 20:30 WIB
Seorang pengunjung memasuki area Sendang Wonodri.
Seorang pengunjung memasuki area Sendang Wonodri.

SEMARANG SELATAN, AYOBANDUNG.COM —  Sendang Wonodri, yang berlokasi di pusat Kota Semarang, ternyata punya cerita yang berkaitan dengan perjalanan sejarah dakwah Sunan Kalijaga.

Di Jalan Wonodri Sendang Raya, belakang RS Roemani Semarang ini, pernah menjadi tempat Sunan Kalijaga untuk mengambil air wudu.

“Pada saat itu, Sunan Kalijaga ke Semarang untuk mencari kayu jati yang rencananya untuk tiang Masjid Agung Demak. Sempat singgah di wilayah Wonodri ini. Dan mengambil air wudu di Sendang Wonodri itu untuk melaksanakan salat " ujar Tri Siswanto, selaku Ketua RW 05 Kelurahan Wonodri, Rabu (17/3/2021).

Tri melanjutkan, Sendang Wonodri memiliki jejak sejarah Sunan Kalijaga lainnya. Seperti sejarah Jatingaleh dan Goa Kreo.

"Ada kaitannya dengan sejarah Jatingaleh dan Goa Kreo, karena menurut cerita saat itu Sunan Kalijaga sedang dalam pencarian Kayu untuk pembangunan Masjid Agung Demak," ucapnya.

Terlihat di lapangan, kondisi sendang memiliki debit air yang cukup banyak. Di sekitar sendang pun ada beberapa pohon yang ditanam warga. Seperti pohon mangga, nangka, dan sukun. 

Untuk masuk ke area sendang, sebelumnya pengunjung harus melewati sepasang gapura kecil berwarna merah yang menjadi pintu masuk. Terdapat jalan setapak yang mengitari sendang dengan lebar sekitar 40 cm. Wilayah Sendang yang rimbun, terlihat ada sejumlah ikan air tawar yang bisa dilihat secara langsung.

"Awalnya Sendang Wonodri ukurannya lebar mas. Tapi karena pembangunan kondisi Sendang hanya seperti yang ada sekarang ini. Dulu juga ada pohon Beringin dan Gayam yang besar, sehingga debit airnya bersih dan banyak," imbuhnya.

Dahulu, air sendang, lanjut Tri, digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari memasak, minum, hingga mandi. Namun karena sudah banyak warga yang beralih menggunakan sumur artetis, Sendang Wonodri saat ini hanya sebagai tetenger atau penanda wilayah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Cegah Omicron, Indonesia Larang WN dari Hong Kong

Senin, 29 November 2021 | 15:46 WIB

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB
X