Rocky Gerung: 'Buzzer Jadi Budak Politik Istana'

- Senin, 15 Februari 2021 | 09:43 WIB
Beredar foto Jokowi dengan sejumlah pegiat medsos seperti Abu Janda, Denny Siregar dan Eko Kuntadhi. (Tangkapan layar foto yang diunggah pemilik Twitter @EnggalPMT)
Beredar foto Jokowi dengan sejumlah pegiat medsos seperti Abu Janda, Denny Siregar dan Eko Kuntadhi. (Tangkapan layar foto yang diunggah pemilik Twitter @EnggalPMT)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM— Media Sosial dihebohkan dengan beredarnya foto Presiden Jokowi bersama dengan sejumlah pegiat media sosial yang disebut buzzer politik, diantaranya Abu Janda, Denny Siregar, dan Eko Kuntadhi.

Pengamat politik Rocky Gerung pun ikut mengomentari beredarnya para buzzer bersama Presiden Jokowi tersebut. Padahal, Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman telah membantah bahwa kalangan Istana memiliki buzzer.

Rocky Gerung menyebut buzzer adalah budak politik istana. Hal itu dia sampaikan lewat video berjudul "Buzzer Otu Perbudakan Modern Politik Istana" yang tayang dalam saluran YouTube Rocky Gerung Official.

"Ini (foto Jokowi dan Abu Janda cs) kan bagian jejak digital, walaupun istana membantah itu sebelum Pilpres 2019, tapi tetap saja persepsi yang muncul di benak publik ada hubungannya," ujar Hersubeno Arief mengawali pembahasan seperti dikutip Suara.com, Senin (15/2/2021).

Rocky Gerung menimpali dengan menggambarkan foto Jokowi dan Abu Janda itu bak peternakan politik. Kata dia, orang-orang dalam foto terlihat feodalistik.

Mengomentari soal itu pula, Rocky Gerung bahkan menyebut buzzer merupakan bukti adanya bentuk perbudakan politik.

"Saya mau lihat bahwa yang digambarkan semacam peternakan politik, karena berjajar di situ ternak. Jadi ada peternakan buzzer dan wajah-wajah di belakang Presiden, Moeldoko, segala macam, itu wajah yang terlihat feodalistik," sahut Rocky Gerung.

"Nah ini yang saya sebut perbudakan. Buzzer itu perbudakan politik. Foto itu foto para budak politik yang bersembunyi tapi ditemukan juga," sambungnya.

Saat ditanya Hersubeno Arief apakah hal demikian muncul karena mentalitas budak atau saling membutuhkan, Rocky Gerung tegas menyebut adanya simbiosis mutualisme.

Halaman:

Editor: A. Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB

Resmi, PPKM Level 3 Diterapkan di Semua Daerah

Rabu, 24 November 2021 | 20:28 WIB
X