Abu Janda Bukan Pengurus Ansor, Masyarakat Diminta Tunggu Kerja Polisi

- Minggu, 31 Januari 2021 | 10:56 WIB
Abu Janda
Abu Janda

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Nama pegiat media sosial Abu Janda ramai diperbincangkan publik usai diduga berbuat rasis terhadap aktivis HAM Natalius Pigai dan menyatakan 'Islam Arogan' di Twitter.

Menyadur dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), selama ini Abu Janda kerapkali mengenakan atribut Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan NU. Hal ini membuat sebagian orang mengira bahwa pria bernama asli Permadi Arya itu merupakan pengurus Ansor.

Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Luqman Hakim menegaskan, baik aktivitas dan pernyataan Abu Janda tidak mewakili NU, GP Ansor maupun Banser. Luqman juga menegaskan bahwa Permadi Arya bukan pengurus Ansor.

“Permadi Arya alias Abu Janda bukan pengurus Ansor,” tegas Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Luqman Hakim, saat dihubungi NU Online, disadur Ayobandung, Minggu (31/1/2021).

Lebih lanjut Luqman menjelaskan bahwa status Abu Janda adalah anggota Banser karena telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser di Magelang, beberapa tahun lalu. Sebelum menjadi anggota Banser, Abu Janda sudah aktif di media sosial. Namun, aktivitasnya di media sosial bersifat personal, bukan mewakili sikap resmi organisasi.

“Terhadap cuitan Abu Janda tentang evolusi (diarahkan ke Natalius Pigai) dan Islam arogan (kepada Tengku Zulkarnaen), dianggap sebagian orang sebagai rasisme, biarlah para ahli dan otoritas hukum yang memutuskan kebenarannya,” ujar Luqman.

Saat ini, katanya, sudah ada pihak yang melaporkan ke aparat kepolisian. Luqman meminta masyarakat memberikan kesempatan kepada polisi untuk bekerja obyektif dan profesional, sehingga semuanya akan terang benderang.

“(Dan) bisa diselesaikan kesempatan Polisi bekerja obyektif dan profesional sehingga masalah ini akan terang benderang dan bisa diselesaikan dengan baik,” tutur Luqman.

Sebagai organisasi, lanjutnya, Luqman telah memberikan perintah kepada Pengurus Ranting Kelurahan Tebet agar meminta penjelasan Abu Janda terkait cuitannya yang menimbulkan kontroversi, sekaligus memberikan nasihat kepadanya. Cuitan soal Islam agama arogan bermula dari perseteruan antara Abu Janda dengan Tengku Zulkarnaen, pada Ahad (24/1).

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB

Resmi, PPKM Level 3 Diterapkan di Semua Daerah

Rabu, 24 November 2021 | 20:28 WIB
X