Lebih dari 405 Ribu Nakes Indonesia Sudah Divaksin Sinovac

- Minggu, 31 Januari 2021 | 07:18 WIB
Petugas melakukan vaksinasi terhadap penerima vaksin di Puskesmas M Ramdan, Jalan Moch Ramdan, Kota Bandung, Jumat (15/1/2021).
Petugas melakukan vaksinasi terhadap penerima vaksin di Puskesmas M Ramdan, Jalan Moch Ramdan, Kota Bandung, Jumat (15/1/2021).

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sudah lebih dari 405 ribu sumber daya manusia kesehatan (SDMK) telah menerima vaksin Covid-19 hingga 29 Januari 2021. Mereka antara meliputi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, serta tenaga penunjang di fasilitas kesehatan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang dilansir pada laman kemkes.go.id, secara rinci jumlah SDMK yang telah menjalani vaksinasi tahap I per 29 Januari adalah sebanyak 405.012 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 11.287 orang telah memperoleh dosis kedua.

Dari sasaran vaksinasi SDMK sebanyak 1.529.934 orang hampir seluruhnya telah melakukan registrasi ulang yaitu sebanyak 1.500.347 orang.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak seluruh SDMK untuk mengikuti program vaksinasi untuk mengurangi risiko tertular virus Covid-19

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh, memotivasi seluruh tenaga kerja kesehatan di seluruh Indonesia agar mereka juga cepat yang belum suntikan pertama, mengejar  suntikan pertama, dan  yang sudah disuntik pertama juga bisa segera menyelesaikan suntikan kedua,” ujarnya.

Budi mengingatkan, setelah suntikan kedua diperlukan waktu untuk pembentukan antibodi di dalam tubuh penerima.

“Mungkin dua minggu atau tiga minggu, dan sesudah itu insyaallah risiko kita untuk tertular bisa lebih kecil. Jadi mereka bisa bekerja lebih tenang temen-temen tenaga kesehatan ini,” ujarnya.

Ajakan senada juga disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M Faqih.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Jemaah Bisa Umrah Setelah Karantina Lima Hari

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:34 WIB
X