BLT Guru Honorer Kemenag Sudah Cair ke 394 Ribu Guru

- Minggu, 20 Desember 2020 | 14:35 WIB
Ilustrasi -- BLT Guru Honorer.
Ilustrasi -- BLT Guru Honorer.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sejak 17 Desember 2020, notifikasi pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) untuk guru honorer di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) sudah dikirim ke aplikasi Simpatika (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag).

Kini, Kemenag telah mencairkan BSU atau BLT guru honorer kepada 391 ribu kepada guru raudatul athfal (RA)/Madrasah non PNS. Diketahui, guru  honorer yang dinyatakan sebagai penerima BSU atau BLT tersebut ialah guru yang tercatat di Emis, Simpatika, atau Siaga.

Guru honorer tersebut juga telah memenuhi persyaratan seperti memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), berpenghasilan di bawah Rp5 juta, bukan penerima program bantuan seperti Kartu Pra Kerja atau BSU BLT Rp1,2 Juta untuk pekerja formal dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Program bantuan dana hibah berupa subsidi gaji BSU atau BLT guru honorer ini akan disalurkan langsung melalui rekening penerima yang baru dibuat oleh bank penyalur. Rekening baru ini akan dibuatkan oleh tiga bank yaitu BTN, BRI, dan BRI Syariah.

Nantinya, para guru akan menerima dana bantuan subsidi gaji BLT guru honorer sebesar Rp1,8 juta yang dibayarkan satu kali pencairan untuk periode 3 bulan, Oktober 2020 hingga Desember 2020 atau sebesar Rp600ribu per bulan.

“Sehari setelah pengumuman, 391 ribu guru madrasah Non PNS sudah mengakses aplikasi Simpatika,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, M Zain dalam keterangan tertulis, Jumat (18/12/2020).

Menurut Zain, hasil verifikasi akhir, total ada 542 ribu guru madrasah bukan PNS yang berhak menerima BSU atau BLT. Artinya lebih 70% guru yang sudah memproses pencairan BSU nya.

Para guru dan tenaga kependidikan penerima BLT guru honorer dapat melakukan pengecekan notifikasi di akun Simpatikanya masing-masing. Berikut panduan mengecek nama penerima BLT guru honorer di SImpatika Kemenag:

1. Silakan akses layanan https://simpatika.kemenag.go.id/ pilih Login PTK

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X