Fadli Zon: 'Invisible Head' Persulit Kepulangan Habib Rizieq

- Selasa, 10 November 2020 | 17:46 WIB
Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon.
Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon.

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab disambut meriah sejumlah umat muslim dari berbagai ormas Islam di Bandara Soekarno-Hatta. 

Rombongan Habib Rizieq Shihab tiba di Tanah Air sekitar pukul 08.30 WIB setelah menempuh perjalanan Jeddah-Tangerang menggunakan Maskapai Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV816. Mereka langsung bertolak menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon mengucapkan selamat datang kepada Habib Rizieq Shihab dan keluarga yang telah kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Berdasarkan pertemuannya di Makkah beberapa waktu lalu, Fadli menyampaikan, keinginan untuk pulang dari Rizieq sudah ada sejak jauh-jauh hari. Namun beberapa kendala terjadi dan mengharuskan Rizieq mengurungkan niatnya untuk pulang ke Indonesia.

"Menurut saya, Habib Rizieq adalah seorang tokoh ulama yang saya sendiri kenal baik dan beberapa kali saya ketemu beliau di Makkah. Dan, memang dalam beberapa waktu merasa kesulitan untuk kembali ke Tanah Air," kata Fadli saat ditemui usai Kongres Sunda di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut No. 2, Kota Bandung, Selasa (10/11/2020). 

"Jadi bukannya tidak mau, saya tahu sekali bahwa Habib Rizieq ingin kembali ke Tanah Air sejak beberapa tahun yang lalu. Tetapi ada 'invisible head' yang membuatnya tidak bisa pulang," ujarnya.

Sepengetahuan Fadli, perlakuan pemerintah Arab Saudi terhadap Rizieq selama menetap di sana sangat baik. Pasalnya, kata Fadli, Habib Rizieq tidak memiliki masalah apapun dengan otoritas pemerintah setempat.

"Jadi beliau tidak ada masalah dengan pemerintah setempat. Beberapa kali pernah sudah sampai di imigrasi, sudah beli tiket, keluarganya boleh masuk (melanjutkan perjalanan), Habib Rizieq-nya tidak boleh. Maksudnya tidak boleh keluar (dari Arab Saudi), itu terjadi, ada juga kendala hal-hal lain yang mengakibatkan tidak bisa pulang," katanya.

Fadli mengatakan, kepulangan Habib Rizieq ke Tanah Air adalah kabar gembira bagi masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim. Terlihat dari antusiasme luar biasa umat muslim dari berbagai daerah yang menyambut kepulangan Habib Rizieq di bandara.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Daftar Vaksin Covid-19 Online dengan PeduliLindungi

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:00 WIB

9 Daerah Turun Status ke PPKM Level 1, Ada Bandung?

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:47 WIB

Resmi! PPKM Diperpanjang Lagi hingga 1 November 2021

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:25 WIB

Kemenag Siap Selenggarakan Haji, Ini Syaratnya

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:14 WIB
X