Jika Mau Berlibur, Pilihlah Obyek Wisata Tempat Terbuka

- Kamis, 29 Oktober 2020 | 09:16 WIB
Pemandangan obyek wisata Taman Lembah Dewata di Lembang yang memiliki danau buatan.
Pemandangan obyek wisata Taman Lembah Dewata di Lembang yang memiliki danau buatan.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah tak jemu mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dimanapun berada khususnya pada momen cuti panjang bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 28-30 Oktober 2020 yang disambung dengan akhir pekan ini. 

Masa libur panjang seperti ini memang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian ke lokasi wisata dan berkumpul bersama keluarga. Belajar dari pengalaman dua libur panjang saat Hari Raya dan Hari Kemerdekaan, kondisi Ini menciptakan potensi kerumunan dan penularan Covid-19.

Dokter Dirga Sakti Rambe, Spesialis Penyakit Dalam mengatakan penularan Covid-19 ini terkait dengan mobilitas. 

"Kalau memang terpaksa untuk melakukan perjalanan ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Sebisa mungkin kita berlibur dengan orang serumah, bukan dengan keluarga jauh apalagi dengan orang asing. Serta mematuhi protokol 3M di manapun kita berada, agar kita aman dan tidak terkena penyakit. Paling ideal memang liburan di rumah saja,” katanya dalam acara Dialog Produktif “Libur Panjang yang Aman dan Sehat” yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (28/10).

Ia mengimbau masyarakat agar memilih tempat rekreasi alternatif yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan. Mengutamakan untuk mengunjungi tempat-tempat terbuka juga lebih disarankan daripada tempat tertutup dengan durasi kunjungan yang tidak terlalu lama. 

"Pastikan juga agar mendapat istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi terutama memperbanyak sayur dan buah, menghentikan kebiasaan merokok, juga menjaga kesehatan mental," jelasnya.

Jabar Siaga 1 Sejak 26 Oktober 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siaga satu penyebaran corona Covid-19 di kalangan warga dan wisatawan pada libur panjang pekan ini.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan petugas keamanan hingga pengetesan acak Covid-19 untuk para wisatawan. Pengawasan difokuskan di sejumlah tol.

Dia mengatakan, untuk libur panjang kali ini pihaknya akan melakukan pengetesan swab acak bagi para wisatawan. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya, dan ditujukkan untuk melacak kemungkinan adanya klaster penyebaran Covid-19 di kalangan wisatawan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Cegah Omicron, Indonesia Larang WN dari Hong Kong

Senin, 29 November 2021 | 15:46 WIB

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB
X