15 Oktober, Peringatan Hari Mencuci Tangan Sedunia 

- Kamis, 15 Oktober 2020 | 08:09 WIB
Peringatan Hari Mencuci Tangan Sedunia 2020.
Peringatan Hari Mencuci Tangan Sedunia 2020.

Ayo mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan sebarkan kegiatan positif ini ke seluruh kenalan melalui foto atau infografis di platform media sosial dengan hashtag #GlobalHandwashingDay dan #HandHygieneforAll.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Setiap tanggal 15 Oktober, dunia memperingati Hari Mencuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day (GHD). Pada hari ini Kamis (15/10/2020) adalah peringatan yang ke-12 sejak digulirkan pertama kali pada 2008 di Pekan Air Dunia tahunan di Stockholm, Swedia.

GHD merupakan kampanye global untuk memotivasi dan memobilisasi penduduk di seluruh dunia membiasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk mencegah penularan berbagai penyakit.

Secara lebih detil, GHD memiliki tiga tujuan. Pertama, membina dan mendukung budaya mencuci tangan pakai sabun. Kedua, menyoroti pelaksanaan mencuci tangan di setiap nagara. Ketiga, meningkatkan kesadaran tentang manfaat cuci tangan pakai sabun melalui berbagai lapisan masyarakat.

Pada peringtahan GHD tahun ini, tema yang diluncurkan adalah "Hand Hygiene For All".

Pemilihan tema ini berdasarkan temuan WHO yang menyatakan sekitar 40% warga dunia tidak memiliki tempat untuk mencuci tangan dengan sabun di rumahanya. Tiga perempat dari jumlah tersebut tinggal di negara-negara miskin dan golongan yang rentan terkena penyakit menular seperti anak-anak dan keluarga yang tinggal di tempat pengungsian, daerah kumuh, dan daerah konflik. 

WHO memperkirakan sekitar 1 miliar orang berisiko tertular Covid-19 karena mereka tidak memiliki tempat mencuci tangan yang layak. Lewat tema ini, WHO mengajak seluruh penduduk di dunia untuk mendukung komunitas yang paling rentan ini mendapatkan fasilitas mencuci tangan dengan sabun yang layak.

Hari Mencuci Tangan Sedunia tidak hanya berupaya meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun, tetapi menyediakan platform untuk tindakan berkelanjutan di tingkat global, regional, dan nasional. Pada 2019, hampir 600 jutaan orang melakukan tindakan sederhana ini untuk menyelamatkan nyawa penduduk dunia.

Pandemi Covid-19 mengingatkan betapa pentingnya kebersihan tangan sebagai hal yang fundamental bagi kesehatan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Resmi, Segini Harga Tarif PCR Terbaru di Jawa-Bali

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:51 WIB
X