96,89% Pekerja Sudah Terima BLT Rp1,2 Juta, Belum Cair? Ini 5 Penyebabnya!

- Rabu, 23 September 2020 | 19:36 WIB
5 kendala dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Rp1,2 juta atau Bantuan Subsidi Upah (BSU).
5 kendala dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Rp1,2 juta atau Bantuan Subsidi Upah (BSU).

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sebanyak 8.720.351 pekerja (96,89%) menerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT). Data tersembut diambil pada 21 September 2020. Data tersebut diunggah di instagram @kemnaker. 

Menteri Ketenagakerjaan Menaker Ida Fauziyah menyatakan, total pekerja yang akan mendapatkan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) sebanyak 15,72 juta orang.

Total anggaran yang disediakan mencapai Rp37,87 triliun. Masing-masing pekerja yang lolos verifikasi akan mendapatkan bantuan subsidi upah Rp1,2 juta per 2 bulan, terhitung akhir Agustus 2020 hingga Desember 2020.

Sementara itu, untuk BSU atau BLT tahap keempat, Kemnaker telah menerima 2,8 juta data calon penerima berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek. Selanjutnya, akan dilakukan checklist kelengkapannya sesuai kriteria Permenaker No.14 Tahun 2020.

“Untuk penyaluran tahap 4, kami lakukan secepatnya apabila proses cheklist yang membutuhkan waktu paling lama empat hari kerja telah selesai. Jadi, jika minggu kemarin data diserahkan ke kami pada Rabu, maka maka proses cheklist maksimal selesai Selasa," ujar Ida.

Setelah melalui checklist, data kemudian diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang akan menyalurkan BSU atau BLT tahap keempat kepada bank penyalur, yakni bank yang menjadi anggota Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Selanjutnya, bank Himbara akan menyalurkan uang subsidi upah pekerja sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan itu ke rekening penerima secara langsung, baik ke rekening bank sesama Himbara maupun bank swasta seperti BCA.

Ida merinci, penyaluran BSU atau BLT tahap pertama telah mencapai 2,4 juta orang penerima atau 99,38% dari total penerima sebanyak 2,5 juta orang. Kemudian, untuk tahap kedua  telah mencapai 2,9 juta orang penerima atau 99,34% dari total penerima sebanyak 3 juta orang. Lalu, tahap ketiga telah mencapai 3,2 juta orang penerima atau 93% dari total 3,5 juta orang.

Diketahui, dalam proses pencairan subsidi upah terdapat sejumlah kendala atau masalah. Untuk, itu Kemnaker meminta agar calon penerima BSU atau BLT mengecek kembali rekening yang didaftarkan. Sebab, masih ditemukan 5 masalah terkait rekening calon penerima.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X