BLT Rp1,2 Juta Tahap 3 Mulai Dicairkan Besok

- Rabu, 16 September 2020 | 12:26 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauiyah menjelaskan, proses verifikasi data penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) pekerja tahap ketiga telah selesai. Pencairan kepada 3,5 juta calon penerima berlangsung 17-20 September 2020.

“Untuk tahap ketiga sendiri baru akan terlihat realisasinya kurang lebih dalam dua hari ke depan,” kata Ida dalam keterangan resminya, Selasa (15/9/2020).

Hingga saat ini, data Kemenaker 14 September 2020 mencatat realisasi penyaluran BSU atau BLT tahap pertama dan tahap kedua telah diberikan kepada 5,45 juta orang penerima atau 99.1% dari total penerima tahap pertama dan tahap kedua sebanyak 5,5 juta orang penerima.

Diketahui, penyaluran tahap ketiga ini melengkapi tahap sebelumnya di mana pada tahap pertama sebanyak 2,5 juta orang penerima dan pada tahap kedua sebanyak 3 juta orang penerima. Secara total, hingga kini penyaluran subsidi upah telah diberikan kepada 9 juta penerima atau 57% dari total target sebanyak 15,7 orang penerima.

“Setelah menerima data dari BPJamsostek, kami maksimal waktu 4 hari kerja terhitung sejak Rabu (9/9/2020) hingga Senin (14/9/2020) untuk checklist kelengkapan data,” ujarnya.

Ketentuan tersebut, lanjut Ida, memang diatur oleh Kemenaker dalam petunjuk teknis (juknis) sebagai upaya untuk meminimalkan resiko kesalahan data penerima, sehingga penyaluran BSU atau BLT pekerja senilai Rp1,2 juta untuk pekerja bergaji di bawah Rp5 juta itu tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhkan sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

Diketahui, banyak pertanyaan yang muncul dari khalayak yang merasa dirinya memenuhi kriteria penerimah BSU atau BLT pekerja formal tentang mengapa kiriman bantuan belum juga sampai ke rekening mereka.

Ayojakarta.com menyarikan alur perjalanan sejak dari pendataan dari perusahaan tempat calon penerima BLT pekerja atau buruh formal bekerja sampai ke bantuan Rp1,2 juta sampai ke rekening penerima.

Pertama: Perusahaan melalui bagian yang mengurus sumber daya manusia (SDM) mendata pekerja mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek dan memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Bagian SDM atau human resources development (HRD) perusahaah kemudian mengumpulkan nomor rekening para calon penerima.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X