Tata Cara Pelaksanaan Salat Jumat saat Pandemi Corona dari MUI

- Jumat, 5 Juni 2020 | 10:30 WIB
Jemaah melaksakanan salat jumat di Masjid Al Muttaqin, Komplek Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Jemaah melaksakanan salat jumat di Masjid Al Muttaqin, Komplek Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Ada sejumlah tata cara Salat Jumat yang disesuaikan saat pandemi corona dan pelonggaran PSBB di sejumlah wilayah di Indonesia.

Penyesuaian itu terkait dengan kesehatan dan pencegahan virus corona saat menjalankan ibadah salat secara berjemaah. Hal itu tertuang dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia No 31 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Salat Jumat dan Jemaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid-19.

AYO BACA: Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

AYO BACA: Tangkal Covid-19 dengan Mengonsumsi Ubi Ungu

AYO BACA: 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

Dalam fatwa tersebut dijelaskan, pada dasarnya Salat Jumat hanya boleh diselenggarakan satu kali di satu masjid pada satu kawasan. Untuk mencegah penularan wabah Covid-19 maka penyelenggaraan Salat Jumat boleh menerapkan physical distancing dengan cara perenggangan saf.

Sementera itu, jika jemaah Salat Jumat tidak dapat tertampung karena adanya penerapan physical distancing, maka boleh dilakukan ta’addud al-jumu’ah (penyelenggaraan salat Jumat berbilang), dengan menyelenggarakan Salat Jumat di tempat lainnya seperti musala, aula, gedung pertemuan, gedung olahraga, dan stadion.

Sementara itu, masih dalam fatwa yang sama, dijelaskan tentang opsional pelaksanaan Salat Jumat. Dalam hal masjid dan tempat lain masih tidak menampung jemaah Salat Jumat dan/atau tidak ada tempat lain untuk pelaksanaan Salat Jumat, Sidang Komisi Fatwa MUI berbeda pendapat terhadap jemaah yang belum dapat melaksanakan Salat Jumat sebagai berikut:

Pendapat pertama, jemaah boleh menyelenggarakan Salat Jumat di masjid atau tempat lain yang telah melaksanakan Salat Jumat dengan model shift, dan pelaksanaan Salat Jumat dengan model shift hukumnya sah.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Terkini

Daftar Vaksin Covid-19 Online dengan PeduliLindungi

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:00 WIB

9 Daerah Turun Status ke PPKM Level 1, Ada Bandung?

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:47 WIB

Resmi! PPKM Diperpanjang Lagi hingga 1 November 2021

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:25 WIB

Kemenag Siap Selenggarakan Haji, Ini Syaratnya

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:14 WIB
X