94,3% Perguruan Tinggi Terapkan Belajar Online

- Minggu, 3 Mei 2020 | 05:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 94,73% perguruan tinggi di Indonesia melakukan pembelajaran secara online. Berdasarkan survei yang dilakukan Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sekitar 70% mahasiswa di Indonesia menyatakan siap melakukan pembelajaran secara daring melalui aplikasi.

Mayoritas dari mahasiswa yang menjalankan perkuliahan daring yakni sebesar 68,71% menggunakan ponsel. Sementara sebanyak 20,11% model interaksi dilakukan dengan tatap muka interaktif melalui media daring seperti webex, zoom, atau webinar. Selain itu, 34,70% melalui non-tatap muka dengan media sosial.

Plt. Dirjen Dikti, Nizam mendorong pembelajaran daring. Ke depannya, Kemendikbud akan mengembangkan modul-modul yang ada di internet sehingga, nantinya mahasiswa dapat mengambil modul-modul dari perguruan tinggi lain.

"Di masa pandemi ini Ditjen Dikti mendorong dalam pembelajaran daring agar lebih efektif, dan kita juga harus membangun kapasitas dalam mengembangkan blended learning," kata Nizam, dalam keterangannya, Sabtu (2/5).

Dari segi kualitas penyajian materi kuliah secara daring, mahasiswa menilai 45.75% penyajian materi disampaikan dengan baik. Namun, masih ada sekitar 27.86% mahasiswa menilai kualitas penyajian materi kuliah berkualitas sedang.

Sementara itu, Ketua APTISI Wilayah IX-A Ma'ruf Hafidz menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19 ini diharapkan proses pembelajaran daring di PTS dalam lingkup LLDIKTI Wilayah IX dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jemaah Bisa Umrah Setelah Karantina Lima Hari

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:34 WIB
X