Anggaran Kementan Dipotong Rp3,6 Triliun, HKTI Risau Ketahanan Pangan

- Jumat, 17 April 2020 | 14:28 WIB
[Ilustrasi] Petani memanen jambu biji merah di Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (25/3/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-faritsi)
[Ilustrasi] Petani memanen jambu biji merah di Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (25/3/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pengamat Pertanian cum Ketua Harian DPD href="https://www.ayobandung.com/tag/ HKTI"> HKTI Jawa Barat Entang Sastraatmaja mengaku kecewa dengan pemerintah yang memotong anggaran Kementerian Pertanian hingga Rp3,6 triliun.

"Sektor pertanian seharusnya memperoleh tempat yang berbeda dengan sektor-sektor infrastruktur. Kalau bisa harusnya ada anggaran ekstra untuk melindungi dan membela petani yang terus bekerja di tengah pandemi covid-19," kata Entang saat dihubungi, Jumat (17/4/2020).

Entang mengatakan, pemerintah harus selektif melakukan pemangkasan anggaran. Jangan sampai pengurangan tersebut membuat situasi semakin tak terkendali. Terlebih saat ini ketersediaan pangan sangat dibutuhkan masyarakat.

AYO BACA : Pengamat: Kerja Sama Kementan-Gojek Dorong Distribusi Pangan Lebih Cepat

Di tengah situasi sulit seperti sekarang ini, kata dia, jika pemangkasan harus dilakukan, sebaiknya dipikirkan secara matang. Pemerintah perlu memilih Kementerian atau Lembaga mana yang perlu dipangkas dan mana yang tidak.

Dengan begitu, ketika pandemi selesai, Indonesia tidak mengalami krisis baru, yakni krisis pangan yang bisa menggoyahkan perekonomian Indonesia. Sangat penting membangun keseimbangan antara tuntutan sosial dan ekonomi.

"Bila anggaran Kementan dipangkas cukup signifikan, kita risau ketahanan pangan kita akan terganggu yang bisa saja melahirkan suasana yang tidak kondusif dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan masyarakat," katanya, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

AYO BACA : Berkah Belanja Online di TTIC Kementan di Tengah Pandemi Corona

Lebih dikhawatirkan lagi, pemangkasan anggaran tersebut memiliki kepentingan politik yang hanya memikirkan golongan sendiri. Kata Entang, hal tersebut harus dihindari demi keberlangsungan ketersediaan pangan.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Jawabannya

Kamis, 23 September 2021 | 10:59 WIB

Jadwal Resmi Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Kamis, 23 September 2021 | 10:23 WIB

Pegawai Jiwasraya Protes Dirugikan: Cuti Tidak Dibayar

Rabu, 22 September 2021 | 22:42 WIB
X