13 Juta Wajib Pajak Belum Laporkan SPT

- Selasa, 10 Maret 2020 | 12:19 WIB
Ilustrasi pelaporan SPT tahunan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi pelaporan SPT tahunan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut ada peningkatan dalam pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak orang pribadi pada periode tahun ini. Ada kenaikan hingga 34% menjadi 6,2 juta SPT dari para Wajib Pajak (WP).

"Yang sudah melaporkan hingga saat ini sudah sekitar 6,2 juta dibandingkan tahun lalu yang sebesar 4,7 juta itu kenaikan 34% dari wajib pajak pribadi yang menyerahkan SPT sampai dengan tanggal 9 Maret ini," kata Sri Mulyani di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Angka ini kata dia akan terus naik sampai akhir periode pelaporan SPT yang akan berakhir pada akhir Maret bulan ini.

AYO BACA : DJP Jabar I Ajak Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan

"Yang disampaikan oleh Pak Suryo (Dirjen Pajak) tahun ini perkembangannya cukup menggembirakan dari sisi kepatuhan orang pribadi dan ini memang terlihat sangat konsisten pada setiap tahun kita melihat di dalam APBN kita peranan dari wajib pajak orang pribadi itu makin lama makin meningkat bahkan tahun lalu itu bisa meningkat 20% di atas 20% ya," kata Sri Mulyani.

Meski begitu wanita yang pernah menjabat sebagai Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berharap sekitar 13 juta WP yang belum melaporkan SPT-nya untuk segera melaporkan sampai batas yang telah ditentukan.

"Saya sebagai Menteri Keuangan, bendahara negara sampaikan terima kasih ke 6,2 juta WP OP yang sudah serahkan SPT dan bayar pajak. Diharapkan, bisa diikuti WP OP lain sehingga akhir bulan ini dapatkan keseluruhan WP OP yang diharapkan masih tetap meningkat," ungkapnya.

AYO BACA : Gaji Sudah Dipotong Pajak, Apakah Harus Lapor SPT?

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X