TNI Pastikan Kapal China Sudah Tinggalkan Natuna

- Senin, 13 Januari 2020 | 10:04 WIB
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksdya TNI Yudo Margono saat patroli udara di atas perairan Laut Natuna, Sabtu (11/1/2020). [Puspen TNI]
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksdya TNI Yudo Margono saat patroli udara di atas perairan Laut Natuna, Sabtu (11/1/2020). [Puspen TNI]

NATUNA, AYOBANDUNG.COM -- Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, memastikan kapal China sudah hengkang dari wilayah ZEE Indonesia di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau.

"Dari hasil patroli udara maritim jam 14.00 WIB dan dari komandan KRI yang telah menghalau kapal China yang ada di wilayah Indonesia. Posisi hari ini sudah di luar ZEE, di luar Natuna," kata dia kepada awak media di Natuna, Kepri, Minggu sebagaimana dilansir dari Covesia.com.

Ia menyatakan, perlu melakukan penegasan untuk meluruskan berita simpang siur yang beredar di masyarakat.

AYO BACA : Sengkarut Natuna Melengserkan Susi dari KKP

Berdasarkan pemantauan dari layar Puskodal, menunjukkan kapal-kapal China telah ke luar dari ZEE Indonesia. Informasi itu ditindaklanjuti awak pesawat Boeing 737 yang diminta cek langsung dan hasilnya, kapal asing itu sudah berada di luar 200 mill, batas terluar ZEE.

Kondisi di Natuna hanya bisa dikonfirmasi melalui deteksi yang dilakukan pesawat Boeing 737 dan KRI yang langsung mengusir kapal China di perairan.

Ia mengatakan, deteksi dilakukan dari udara melalui Boeing yang bekerja sama dengan KRI yang bertugas mengusir. Selanjutnya, KRI dan pesawat terus akan menjaga perairan ZEE Indonesia.

AYO BACA : Bersengketa dengan Cina, Jokowi Ajak Jepang Investasi di Natuna

"Tujuh KRI akan operasi rutin setiap hari, harus ada unsur yang jaga supaya tidak kembali masuk," kata dia.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Jawabannya

Kamis, 23 September 2021 | 10:59 WIB

Jadwal Resmi Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Kamis, 23 September 2021 | 10:23 WIB

Pegawai Jiwasraya Protes Dirugikan: Cuti Tidak Dibayar

Rabu, 22 September 2021 | 22:42 WIB
X