Dinilai Sia-sia, YLKI Minta Tol Layang Japek Dievaluasi

- Minggu, 22 Desember 2019 | 13:36 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated II. (Dok. Jasa Marga)
Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated II. (Dok. Jasa Marga)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebut, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II tidak efektif dalam mengurai kemacetan saat akhir pekan, terutama masa libur panjang.

Diberitakan Republika, Minggu (22/12/2019), YLKI mendesak pemerintah untuk melakukan evaluasi manajemen lalu lintas demi mengantisipasi kemacetan yang lebih parah.

AYO BACA : Tol Japek Resmi Beroperasi, Jokowi Tak Ingin Ada Macet Lagi

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, kemacetan total selama dua jam di Tol Layang Japek II terjadi pada Sabtu (21/12/2019) malam. Berdasarkan pengamatan langsung oleh YLKI, akibat kemacetan tersebut terpaksa arus lalu lintas menuju tol layang ditutup sementara.

"Prediksi saya terbukti. Ini artinya Tol Layang Jakarta-Cikampek dibangun tidak mempertimbangkan berbagai kemungkinan, termasuk jika ada kendaraan mogok," kata Tulus dalam keterangannya.

AYO BACA : Banyak Pengendara Keluhkan Sambungan Tol Layang Japek

Tulus mengatakan, akibat adanya kejadian tersebut, fungsi utama dibangunnya Tol Layang Japek II untuk mengurai kemacetan sia-sia.

"Ini bisa jadi petugas tol yang tidak siap mengatasi masalah traffic yang sedang tinggi-tingginya atau ketika ada kendaraan yang mogok," katanya.

YLKI, kata Tulus, mendesak agar pemerintah terutama Kementerian Perhubungan dan Kepolisian RI mengevaluasi managemen lalu lintas saat masa libur panjang. Apalagi, dalam dua pekan ke depan akan memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

PPKM Diperpanjang 2 Minggu hingga 4 Oktober 2021

Senin, 20 September 2021 | 18:05 WIB

Pegawai KPK Tak Lulus TWK Dipecat Tanpa Pesangon

Senin, 20 September 2021 | 17:32 WIB

Heboh M Kece Dianiaya Irjen Napoleon, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 08:28 WIB

PPKM Diperpanjang Lagi? Besok Pengumumannya

Minggu, 19 September 2021 | 09:54 WIB

Masyarakat Harus Disiplin Pakai Masker di Acara Keagamaan

Minggu, 19 September 2021 | 09:06 WIB
X