Mahasiswa Tuntut RKUHP Dibatalkan, Menkumham: Ah, No Way

- Rabu, 25 September 2019 | 16:20 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc)
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menanggapi tuntutan mahasiswa yang ingin Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dibatalkan atau diulang dari awal. Menurut Yasonna, itu merupakan hal yang tidak mungkin.

"Untuk mengatakan 'kamu ulang kembali ini', ah no way. Sampai lebaran kuda, enggak akan jadi ini barang," ujar sYasonna di Gedung Kemenkumham, Kuningan, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Ia menjelaskan, masyarakat Indonesia terdiri atas beragam suku dan budaya. Dengan begitu, RKUHP dinilai tak dapat disetujui dan memuaskan bagi masyarakat yang heterogen ini.

AYO BACA : Menkumham Tegaskan Jokowi Tidak Batalkan Revisi UU KPK

"Indonesia negara yang heterogen, dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, sampai Papua sana berbeda kultur, beda budaya, beda persepsi. Maka memaksakan itu semua seragam tidak bisa," ujar Yasonna.

Meski saat ini masih ada pihak yang tak mengerti pasal-pasal yang berada dalam href="https://www.ayobandung.com/tag/-RKUHP"> RKUHP, pemerintah dan DPR siap menjelaskan hal tersebut.

Menurut Yasonna, ada misinformasi antara pemerintah, DPR, dan masyarakat terkait href="https://www.ayobandung.com/tag/-RKUHP"> RKUHP, khususnya pada pasal-pasal yang dinilai kontroversial.

AYO BACA : Tanggapan KPK Soal Jokowi Perintahkan Menkumham Pelajari RUU KPK

"Kami mau mengkoreksi pertama misunderstanding, jangan disinformasi dan kalau masih ada yang sudah kita jelaskan terang benderang duduk bersama-sama, masih kita perbaiki, mari kita duduk bersama," ujar Yasonna.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB

Resmi, PPKM Level 3 Diterapkan di Semua Daerah

Rabu, 24 November 2021 | 20:28 WIB
X