15-16 Juli Matahari Tepat di Atas Kakbah, Waktu Akurat Cek Arah Kiblat

- Jumat, 12 Juli 2019 | 14:54 WIB
Suasana Kakbah. (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)
Suasana Kakbah. (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan, berdasarkan data astronomi, pada 15-16 Juli matahari akan melintas tepat di atas href="https://www.ayobandung.com/tag/ Kakbah"> Kakbah yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek arah href="https://www.ayobandung.com/tag/ kiblat"> kiblat salat.

Agus kepada wartawan di Jakarta, Jumat (12/7/2019), mengatakan, peristiwa itu akan terjadi pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke href="https://www.ayobandung.com/tag/ Kakbah"> Kakbah," kata dia.

AYO BACA : Unik! Ada Masjid Berbentuk Kakbah di Jelekong

Menurut dia, peristiwa itu dikenal juga dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah yaitu waktu matahari di atas href="https://www.ayobandung.com/tag/ Kakbah"> Kakbah dengan bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah href="https://www.ayobandung.com/tag/ kiblat"> kiblat.

Peristiwa itu dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah href="https://www.ayobandung.com/tag/ kiblat"> kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Agus mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah href="https://www.ayobandung.com/tag/ kiblat"> kiblat itu agar mendapatkan presisi yang tinggi dan minimal kesalahan, antara lain, Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul.

Proses kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata; dan terakhir, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom.

AYO BACA : Rindu Baitulharam, Seorang Polisi Bangun Masjid Mirip Kakbah

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Resmi, Segini Harga Tarif PCR Terbaru di Jawa-Bali

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:51 WIB
X