Kisah Perdana Persib Juara Liga Perserikatan PSSI Tahun 1937

- Selasa, 27 Juli 2021 | 19:20 WIB
Logo Persib Bandung,
Logo Persib Bandung,

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM  Pada 1 Juni 1936, Persib mengalami kekalahan dari Persis Solo ketika bertemu di final kejuaraan nasional perserikatan PSSI.

Bertarung di Lapangan Tegallega Bandung, Persib kalah 0-2 atas Persis Solo. Kekalahan tersebut jelas amat menyakitkan bagi masyarakat Bandung. Momen itu menambah luka baru bagi Persib selepas kegagalannya meraih gelar juara pada kompetisi 1933 dan 1934.

Namun, luka itu tak berlangsung lama. Setelah mengalahkan beberapa tim di kompetisi kejuaraan nasional perserikatan PSSI 1937, dengan gagahnya, Persib mampu menginjakan kaki ke laga final.

Menariknya, seolah dibukakan jalan untuk mengobati membuka luka lama, dalam laga Final tersebut Persib bertemu lagi dengan Persis Solo.

Kala itu, Persib dan Persis Solo bertarung untuk kedua kalinya di laga final. Yang berbeda, tempat pertandingannya berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, pada 17 Mei 1937.

Persib jelas mendapat kesempatan untuk membalas dendam pada Persis, seusai dipencundangi di kandang sendiri saat Final 1936.

Tempo itu, dalam majalah Sipatahoenan, Persib tidak berstatus unggulan. Berbanding terbalik tentang Persis Solo yang akan kembali mempecundangi Persib untuk kedua kalinya secara beruntun.

Persis Solo kala itu digadang sebagai tim raksasa sepak bola Indonesia; dan diisi dengan pemain berkualitas seperti, Maladi, Maryo, hingga Soegeng.

Atmosfer Stadion Sriwedari, Solo waktu itu sungguh ramai, dipenuhi 15.000 pendukung Persis Solo yang datang dari berbagai penjuru Jawa Tengah, bahkan hingga Madiun.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Robert Alberts Kritik Lini Depan Persib Mandul

Jumat, 24 September 2021 | 18:30 WIB

Klasemen Persib Terbaru Usai Imbang Lawan Bali United

Sabtu, 18 September 2021 | 23:08 WIB
X