MOMEN PERSIB: Ajax Amsterdam Masih Klub Eropa Terakhir yang Dilawan Persib

- Kamis, 1 Juli 2021 | 15:55 WIB
Logo Persib Bandung,
Logo Persib Bandung,

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Ajax Amsterdam masih menjadi klub asal benua Eropa terakhir yang dihadapi Persib hingga saat ini.

Tim asal Belanda itu bertemu dengan Pangeran Biru dalam laga persahabatan di Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, 14 Mei 2014 silam. 

Dalam laga tersebut, Persib tertinggal lebih dulu oleh gol sundulan kepala Stefani Denswil pada menit ke-16. Namun, skuat asuhan Djadjang Nurdjaman mampu memaksa laga berakhir imbang 1-1 setelah Makan Konate mencetak gol balasan pada menit ke-44.

Selain menghadapi Ajax Amsterdam, Persib sebelumnya juga pernah menghadapi tim elite Eropa lainnya, yakni AC Milan di Stadion Utama Senayan, Jakarta, 4 Juni 1994 silam.

Robby Darwis dkk. yang baru saja menjuarai kompetisi Divisi Utama Perserikatan, mendapat kesempatan merasakan ketangguhan Milan yang dilatih Fabio Capello. Saat itu, Rossoneri baru saja merebut gelar Piala Champions Eropa.

Sayangnya, level permainan antara Persib dan AC Milan tidak seimbang. Alhasil, Pangeran Biru harus mengakui keunggulan Marcel Dessaily dkk. dengan skor akhir 0-8.

Jauh lebih ke belakang, sebelum AC Milan dan ajax Amsterdam, pada tahun 1956, Pangeran biru juga pernah merepotkan finalis Liga Champions, Stade de Reims, yang kala itu berstatus salah satu tim terbaik Eropa.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-2. Bagi Persib, ini bukan hasil yang buruk, tentunya, dengan membuat finalis UEFA Champions League (UCL) tampil kesusahan di Stadion Siliwangi. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Duo Persib Optimis Bisa Permalukan Persebaya

Selasa, 7 Desember 2021 | 19:05 WIB
X