PERSIB HARI INI: Pangeran Biru Kalah oleh Penalti Kontroversial Deltras

- Selasa, 29 Juni 2021 | 09:45 WIB
Logo Persib Bandung.
Logo Persib Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pada 29 Juni 2005 silam, Persib gagal meraih poin dalam pertandingan tandang. Saat itu, Pangeran Biru harus menerima kekalahan 0-1 dari tuan rumah Deltras Sidoarjo dalam laga lanjutan Liga Indonesia XI di Stadion Gelora Delta.

Satu-satunya gol yang dibuat The Lobster di dalam pertandingan tersebut tercipta dari titik penalti. Wasit M. Taopik asal Denpasar menunjuk titik putih menyusul pelanggaran di kotak terlarang. 

Wasit meyakini, pemain Persib Suwita Pata melakukan handsball di dalam kotak penalti saat berusaha menyundul bola, tepatnya di menit ke-75.

Para pemain Persib awalnya sempat tidak terima dengan keputusan tersebut. Tetapi keputusan wasit tidak bisa diganggu gugat. Hilton Moreira yang saat itu menjadi algojo akhirnya membobol gawang Cecep Supriatna.

Balas Dendam 3 Tahun Kemudian

Pada kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2008/09 Persib gagal meraih gelar juara. Skuat Maung Bandung mengakhiri musim tersebut di peringkat ketiga klasemen.

Namun, ada catatan menarik pada musim tersebut. Pangeran Biru mampu meraih kemenangan untuk pertama kalinya di Stadion Gelora Putra Delta, markas tim Deltras Sidoarjo.

Pada laga 22 Oktober 2008, Persib yang ditangani pelatih Jaya Hartono sukses meraih kemenangan 2-0. Gol diciptakan oleh striker asal Brasil Hilton Moreira pada menit ke-44 dan Airlangga Sutjipto di menit ke-84.

Sayangnya, setelah kemenangan itu Persib kembali harus menelan kekalahan di kandang Deltras. Pangeran Biru ditundukkan tim tuan rumah dengan skor telak  1-4 pada laga 2 Oktober 2010. Sedangkan pada musim 2011, duel Maung Bandung versus The Lobster di Gelora Delta berakhir imbang tanpa gol.

Laga ini menjadi pertemua terakhir bagi kedua tim. Sebab, Deltras kemudian mengalami degradasi, sehingga belum pernah lagi bertemu dengan Persib.

Pada kompetisi Liga Torabika Soccer Chamiponship (TSC) 2016 Persib bermain lagi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo untuk menghadapi Bhayangkara Surabaya United. Tetapi pada laga 11 Juni 2016 tersebut, tim asuhan pelatih Dejan Antonic itu dibantai Bhayangkara 1-4.

Kemenangan kembali diraih ketika PERSIB menghadapi Persipura Jayapura pada kompetisi Liga 1 musim 2019. Itu adalah penampilan terakhir skuat Pangeran Biru di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Cerita di Balik Tari Jaipong Mohammed Rashid

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:52 WIB
X