MOMEN PERSIB: Pemain Asing Pertama yang Cetak hattrick untuk Pangeran Biru

- Jumat, 25 Juni 2021 | 10:05 WIB
Logo Persib Bandung,
Logo Persib Bandung,

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Liga Indonesia musim 2003 menjadi awal bagi Persib menggunakan jasa pemain asing.

Gelandang asal Cile, Alejandro Tobar adalah salah satu legiun asing yang memperkuat Maung Bandung dan mencatatkan namanya dalam sejarah Persib.

Tobar bergabung pada putaran kedua musim 2003, saat itu Persib mengganti pelatih asal Polandia, Marek Andrzej Sledzianowski, dan tiga pemain senegaranya Mariusz Mucharski, Piotr Orlinski, dan Maciej Dolega.

Sebagai gantinya, Persib menunjuk pelatih asal Cile, Juan Antonio Paez, serta tiga pemain asing dari negara yang sama, yaitu Tobar, Claudio Lizama dan Rodrigo Lemunao.

Keputusan itu tepat, namun hasil positif pada putaran kedua tak mampu membawa Persib keluar dari zona degradasi, sehingga harus melakoni babak playoff. Tobar pun menacatatkan namanya sebagai pemain asing pertama Persib yang mencetak hattrick.

Tiga gol itu dia cetak saat menghadapi Perseden Denpasar dalam laga pamungkas babak playoff, di Stadion Manahan, Solo, 18 Oktober 2003. 

Saat itu, Persib sempat tertinggal dua gol oleh Perseden. Tobar berhasil memperkecil ketertinggalan menjelang akhir babak pertama. Laga tersebut pun berakhir sama kuat 4-4.

Empat gol Persib itu tercipta berkat, hattrick Alejandro Tobar ('44) penalti, ('76 dan '85), satu gol lainnya dari Dicky Firasat ('63). Sementara gol bagi Perseden dicetak Gbeneme Friday ('12) penalti dan menit 77, Agus Susanto ('27) dan Miro Baldo Bento ('50).

Pada laga sebelumnya, Persib mengalahkan Persela Lamongan dan PSIM masing-masing 1-0. Hasil itu membuat PERSIB selamat dari ancamam degradasi. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X