MOMEN PERSIB: Perjalanan Yaris Riyadi Berseragam Pangeran Biru

- Rabu, 9 Juni 2021 | 15:50 WIB
Logo Persib Bandung,
Logo Persib Bandung,

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Yaris Riyadi merupakan salah satu pemain andalan Persib pada masa berkariernya.

Tercatat, ia dipromosikan ke tim senior ketika Risnandar Soendoro menjabat sebagai pelatih kepala Pangeran Biru pada musim 1995/1996. Sebelumnya, Yaris sendiri ialah salah satu pemain yang memperkuat Persib junior. 

Selain Yaris, terdapat dua nama pemain yang juga ikut dipromosikan. Mereka adalah Dadang Hidayat dan Cecep Supriyatna. 

Pada 20 Maret 1996, Yaris mencetak gol pertamanya untuk Persib. Momen itu terjadi saat menghadapi Persita Tangerang di Stadion Benteng. Berkat satu golnya dan satu gol dari Sutiono Lamso, Persib pun berhasil memenangi laga dengan skor 2-0.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini sempat meninggalkan Persib pada Liga Indonesia IX tahun 2003. Itu terjadi ketika Persib mulai membuka keran pelatih dan pemain asing.

Namun, kecintaannya kepada Persib membuat Yaris hanya bertahan satu musim berkelana. Ketika estafet kepelatihan berpindah ke tangan Juan Antonio Paez (Cile), pemain yang akrab disapa "Ucing" ini kembali berbaju Persib hingga Liga Indonesia  XII tahun 2007.

Yaris Riyadi pemain tersubur Persib tahun 2001

Selama membela PersibYaris Riyadi mencetak 19 gol. Di Liga Indonesia 2001, ia pernah mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak dengan koleksi tujuh gol. 

Sebanyak tujuh gol itu, dua di antaranya dia cetak saat melawat ke markas Persita Tangerang. Sementara lima lainnya saat Persib menghadapi, Barito Putera, Jakarta FC, PSBL, Persikabo Kabupaten Bogor dan Semen Padang.

Pencapaian tersebut melewati gol Sujana yang mengoleksi enam gol juga pemain depan lainnya, Nana Setia sebanyak dua gol.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Cerita di Balik Tari Jaipong Mohammed Rashid

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:52 WIB
X