PERSIB HARI INI: Debut Manis Indra Thohir sebagai Pelatih Kepala Persib

- Jumat, 13 November 2020 | 13:30 WIB
Legendaris Persib, Indra Thohir (kedua dari kiri).
Legendaris Persib, Indra Thohir (kedua dari kiri).

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pada 13 November 1993 atau 27 tahun silam, pelatih legendaris Persib Bandung, Indra Mohammad Thohir, mencatatkan sejarah bersama Persib dengan menjalani debutnya sebagai pelatih kepala.

Meski sudah berada di tim Maung Bandung sejak tahun 1983, namun Indra Thohir masih berstatus sebagai pelatih fisik. Baru, pada musim kompetisi Perserikatan 1993/1994, pelatih yang karib disapa Indra Thohir ini naik tahta.

Laga itu pun menjadi debut manis Indra Thohir karena membawa Persib menang 2-0 atas PS Bengkulu dalam laga pembuka Kompetisi Perserikatan 1993/1994 di Stadion Semarak, Bengkulu.

Meski berstatus tim tamu, Pangeran Biru menggebrak sejak peluit kick off dibunyikan. Publik tuan rumah dibungkam gol Sutiono Lamso pada menit ke-5. Keunggulan 1-0 Persib bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persib menambah keunggulan melalui gol Tatang “Tompel” Suryana ketika pertandingan memasuki menit 62. Keunggulan 2-0 Persib tak berubah hingga laga berakhir.

Berkat kemenangan ini, Persib berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 2. Persib kalah selisih gol dari PSDS Deli Serdang yang saat bersamaan menghantam Persita Tangerang 4-1 di Lubukpakam. Sementara itu, pada pertandingan lain di Banda Aceh, Persiraja bermain imbang 1-1 dengan Persijatim Jakarta Timur.

Bawa Persib Juara dengan 2 Peran Berbeda

Sosok Indra Thohir tidak akan pernah lepas dari sejarah Persib. Pria kelahiran Bandung, 7 Juli 1941, cukup lama bergumul dengan tim berjulukan Maung Bandung ini.

Sosok Indra Thohir bahkan pernah membawa prestasi bersama tim kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini. Tak heran Indra Thohir dinobatkan sebagai pelatih pertama tersukses yang mengarsiteki Persib Bandung.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Cerita di Balik Tari Jaipong Mohammed Rashid

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:52 WIB
X