Strategi Usaha Katering Bertahan di Tengah Pandemi

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 22:15 WIB
Pandemi tentunya memberi dampak bagi usaha yang terlibat dalam usaha jasa tata boga. Terutama usaha katering untuk pesta pernikahan.
Pandemi tentunya memberi dampak bagi usaha yang terlibat dalam usaha jasa tata boga. Terutama usaha katering untuk pesta pernikahan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pandemi Covid-19 melarang masyarakat untuk berkerumun dan membatasi kegiatan masyarakat. 

Salah satu kebijakannya, pemerintah juga melarang gelaran resepsi pernikahan untuk mencegah penyebaran virus Dovid-19.

Kondisi ini tentunya memberi dampak bagi usaha yang terlibat dalam usaha jasa boga. Pun berdampak pada usaha katering untuk pesta pernikahan.

Menurut Rizky Rohman, selaku pemilik usaha katering Mufied, akibat kondisi pandemi omzet usaha katering merosot hingga 80 persen akibat pandemi Covid-19.

“Sekarang lagi susah buat jalanin usaha katering, soalnya yang buat acara nikah ditunda dulu. Terus pesanan makanan ke kantor-kantor juga kerjanya pada di rumah, otomatis berkurang daripada biasanya,” ucap Rizky

Meski demikian, para pelaku usaha katering harus kreatif dan berbagai strategi dilakukan untuk bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Salah satunya dengan pemesanan online.

“Untuk saat ini sudah terbantu dengan adanya jasa aplikasi online, penurunan omzet 80 persen karena ada kreativitas dan mencari peluang. Usaha katering mulai ada gairah walaupun naik kecil, dengan memanfaatkan platform media online,” kata Rizky

Rizky pun pernah mendapatkan orderan keluar kota untuk mengisi makanan di resepsi pernikahan, namun telah dibatalkan oleh pembuat resepsi dikarenakan pada saat itu terjadi PPKM yang membatasi ruang gerak.

“Saya waktu itu ada pesenan orderan ke Bekasi, cuman waktu itu zona merah dan sudah mulai diumumkan akan ada PPKM dan akhirnya dibatalkan oleh panitia resepsi dan akhirnya saya putuskan untuk di dalam kota dulu saat ini,” ujar Rizky.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

10 Makanan Khas Bandung yang Cocok Disantap Saat Hujan

Kamis, 11 November 2021 | 11:50 WIB

10 Rekomendasi Kuliner Malam Bandung, Dijamin Enak!

Minggu, 7 November 2021 | 07:00 WIB

Mille Crepe, Dessert Khas Jepang yang Menggoda Selera

Sabtu, 6 November 2021 | 14:31 WIB

Jangan Simpan Bawang di Kulkas, Ini Alasannya!

Senin, 1 November 2021 | 22:46 WIB

Yuk ke Trouit, Kafe ala Pantai di Sudut Kota Bandung

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:00 WIB

3 Resep Kreasi Tahu Susu Lembang, Mudah dan Nikmat

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:41 WIB
X