Sejarah, Resep, dan Cara Membuat Sate Maranggi Saat Iduladha

- Selasa, 20 Juli 2021 | 18:15 WIB
Ilustrasi sate sebagai makanan khas Indonesia.
Ilustrasi sate sebagai makanan khas Indonesia.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM  Menyambut hari raya Iduladha, masyarakat tentunya tidak sabar untuk menyaksikan momen pemotongan hewan kurban di sekitar daerahnya masing-masing.

Selain itu, terdapat tradisi yang rutin dilakukan oleh masyarakat setelah mendapat daging hasil kurban, yakni nyate atau membuat sate. Tradisi ini pun banyak dilakukan karena momen Iduladha merupakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga ataupun kerabat.

Sate maranggi tentunya bisa menjadi salah satu pilihan dalam mengolah daging sapi yang diperoleh dari hasil kurban. Kekhasan dari sate maranggi ini adalah bumbunya yang melekat dengan daging. Berbeda dengan jenis sate lain, daging yang akan dijadikan sate dicampuri bumbu terlebih dahulu hingga meresap.

Sejarah sate maranggi

Mengutip dari jurnal berjudul Sate Maranggi: Kuliner Khas Kabupaten Purwakarta yang ditulis oleh Irvan Setiawan, disebutkan bahwa sate maranggi merupakan makanan khas dari Purwakarta. Nama “Maranggi” sendiri diambil dari penjual sate yang kerap dipanggil Mak Anggi. Pelanggan yang membeli sate darinya kemudian mengatakan Mak Anggi, hingga keseringan penyebutan akan nama penjualnya tersebut membuat satenya disebut Sate Maranggi.

Juru masak, Haryo Pramoe menuturkan bahwa sate maranggi merupakan hasil asimilasi budaya Indonesia dengan China. Seperti yang sudah diketahui bahwa orang China sudah datang dan menetap di Indonesia sejak lama.

Resep dan cara membuat sate maranggi

Ayobandung.com sudah merangkum tips dan resep membuat sate maranggi yang gurih dan lezat dari buku 1000 Resep Sate Nusantara karya Dapur Alma yang di antaranya sebagai berikut:

Bahan:

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

10 Makanan Khas Bandung yang Cocok Disantap Saat Hujan

Kamis, 11 November 2021 | 11:50 WIB

10 Rekomendasi Kuliner Malam Bandung, Dijamin Enak!

Minggu, 7 November 2021 | 07:00 WIB

Mille Crepe, Dessert Khas Jepang yang Menggoda Selera

Sabtu, 6 November 2021 | 14:31 WIB

Jangan Simpan Bawang di Kulkas, Ini Alasannya!

Senin, 1 November 2021 | 22:46 WIB

Yuk ke Trouit, Kafe ala Pantai di Sudut Kota Bandung

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:00 WIB

3 Resep Kreasi Tahu Susu Lembang, Mudah dan Nikmat

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:41 WIB
X