Jajanan Khas Paris Van Java, Pisang Bolen yang Sudah Banyak Rasa

- Kamis, 8 Juli 2021 | 21:40 WIB
Ilustrasi pisang bolen yang menjadi primadona oleh-oleh Bandung dan banyak diburu oleh para pelancong.
Ilustrasi pisang bolen yang menjadi primadona oleh-oleh Bandung dan banyak diburu oleh para pelancong.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Sudah menjadi rahasia umum jika Bandung memang menjadi salah satu tujuan para pecinta kuliner di Indonesia.

Kota yang dijuluki Paris Van Java ini memiliki banyak jenis makanan khas, salah satunya adalah bolen atau sebagian lain menyebutnya molen.

Bolen merupakan salah satu jajanan kue yang terkenal di Bandung, bahkan sering dijadikan buah tangan bagi para pelancong yang datang ke Bandung (Eryawanti & Galuh, 2020). Biasanya, para wisatawan dapat menemui bolen khas Bandung di toko kue dan oleh-oleh khas Bandung, seperti Kartikasai, bolen lilit Bread.co, dan lainnya.

Bolen yang biasanya berisian pisang, kini sudah memiliki banyak varian rasa lainnya, mulai dari coklat, durian, peuyeum, kacang, dan lainnya. Tidak hanya tersedia versi manis, bolen juga kini dapat disajikan dengan isian daging, telur, keju, dan lainnya. Varian rasa yang beragam nyatanya mampu menarik minat masyarakat untuk membuat atau membeli bolen ini.

Sejak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tentunya akan sulit untuk mengunjungi langsung toko-toko kue yang menyediakan bolen. Maka dari itu, membuat kue bolen bersama keluarga di rumah bisa menjadi solusinya.

Berikut adalah tata cara pembuatan beberapa jenis bolen yang bisa dipraktikkan di rumah.

Bahan Utama Bolen

Sebelumnya, dalam pembuatan bolen terdiri dari beberapa tahap, yaitu membuat kulit, isian, dan proses panggang. Bagian utama dalam membuat semua jenis bolen adalah membuat kulit puff pastry. Kulit yang enak, lembut, dan renyah merupakan salah satu daya pikat bolen.

Bahan utama pembuatan kulit adalah terigu protein tinggi dan sedang, gula halus, baking powder, telur, margarin, dan mentega (Kusuma, 2008). Satu demi satu bahan dicampur dan diaduk dengan rata. Setelah diaduk dan didinginkan, kulit siap diberi berbagai jenis isian.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

5 Rekomendasi Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

Minggu, 19 September 2021 | 16:27 WIB

Rekomendasi 15 Kuliner Enak dan Populer di Bandung

Sabtu, 18 September 2021 | 11:09 WIB

Cara Membuat Somay, Resep Siomay Tanpa Ikan untuk Dijual

Selasa, 14 September 2021 | 12:18 WIB

Catat Jam Ngemil saat Diet agar Berat Badan Turun!

Kamis, 9 September 2021 | 20:09 WIB

Wisata Baru Bandung, Menikmati Kopi Berselimut Kabut

Kamis, 9 September 2021 | 13:09 WIB

Resep Onde-Onde Lezat, Mudah Dibikin di Rumah

Rabu, 1 September 2021 | 14:22 WIB

Subway Indonesia Akhirnya Hadir, di Mana Lokasinya?

Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:14 WIB
X