Resep Cara Membuat Bajigur dan Bandrek, Minuman Sehat Tradisional Khas Sunda

- Rabu, 7 Juli 2021 | 10:55 WIB
Ilustrasi minuman mengandung jahe.
Ilustrasi minuman mengandung jahe.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Selama masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tentunya masyarakat diharuskan untuk tetap di rumah jika tidak memiliki kepentingan mendesak untuk pergi ke luar.

Dengan adanya PPKM pada tanggal 3 Juli – 20 Juli 2021 ini diharapkan masyarakat bisa menjaga kesehatannya. Salah satunya, dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Bagi warga Bandung, tentunya sudah tidak asing lagi mendengar minuman bernama bandrek dan bajigur. Kedua minuman khas Sunda ini bisa masuk ke dalam list minuman yang bisa diminum dan dibuat di rumah.

Selain itu, minuman ini bisa menjadi teman terbaik kala musim hujan sekaligus menambah stamina di kala pandemi seperti ini.

Cara Membuat Bajigur Si Manis

Bajigur merupakan minuman khas Sunda yang berasal dari Jawa Barat. Kini, sayangnya, cita rasa bajigur sudah mulai dilupakan banyak orang, khususnya anak muda.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kafe atau kedai kopi yang menyediakan minuman modern. Padahal, bajigur menjadi salah satu minuman tradisional peninggalan nenek moyang.

Lumrahnya, bajigur terdiri dari campuran gula jawa dan santan, namun terdapat juga bajigur yang ditambahkan jahe. Selain itu, kadang bajigur juga diberi kopi untuk menambah citra rasa lebih beragam (Untari, 2005).

Menghimpun data dari berbagai sumber, bajigur yang diberi jahe memiliki khasiat dalam meringankan flu dan batuk. Kandungan polifenil yang terkandung dalam jahe mampu mempermudah pelepasan hormon adrenalin.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X