Arabian Food 'Nasi Kebuli', Obat Kangen Kuliner Timur Tengah

- Minggu, 21 Maret 2021 | 16:20 WIB
Nasi kebuli kambing muda dan nasi kebuli ayam di Matbakhi Arabian Food Kota Tasikmalaya, Minggu (21/3/2021).
Nasi kebuli kambing muda dan nasi kebuli ayam di Matbakhi Arabian Food Kota Tasikmalaya, Minggu (21/3/2021).

CIHIDEUNG, AYOBANDUNG.COM — Kuliner di Kota Tasikmalaya sangatlah beraneka ragam. Mulai dari kuliner tradisional dan modern dari luar daerah maupun luar negeri. Salah satunya nasi kebuli yang identik dengan hidangan ala Timur Tengah.

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng atau bakar.

Bahkan saat ini tidak hanya daging kambing, tetapi bisa juga dengan daging ayam, sehingga namanya ada nasi kebuli kambing dan nasi kebuli ayam.

Beberapa pengusaha di Kota Tasikmalaya pun saat ini sudah banyak yang menjual nasi kebuli. Salah satunya Matbakhi Arabian Food, yang berada di Jalan Lukmanul Hakim, Ruko Premier Residen Nomor A7, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Berdiri sejak 2 tahun lalu, nasi kebuli Matbakhi Arabian Food ini kini sudah memiliki para pelanggan setia. Buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Pemilik Matbakhi Arabian Food Nanang Rusmana mengatakan, alasan membuka usaha kuliner arabian adalah melihat adanya peluang karena di Kota Tasikmalaya belum banyak yang membuka usaha kuliner ala Timur Tengah.

"Pertama hobi masak kemudian ada peluang bisnis kuliner di Kota Tasik ini," ujar Nanang, Minggu (21/3/2021).

Alasan lainnya yakni untuk mengobati rasa kangen orang-orang yang hajian dengan makanan Timur Tengah. Di tempat usahanya, menu makanan yang disajikan di antaranya nasi kebuli ayam personal Rp45 ribu, nasi zurbian ayam Rp45 ribu, nasi kebuli kambing personal Rp60 ribu, nasi zurbian kambing Rp60 ribu, khobus atau roti yaman Rp20 ribu, dan shai adeni atau teh yaman Rp20 ribu.

"Menu makanan di sini lebih ke masakan Yaman. Saya pernah di Saudi dan sambil belajar masak nasi kebuli," ucapnya.

Menurutnya, bisnis kuliner di Kota Tasikmalaya masih bisa bertahan dan terus menggeliat di tengah pandemi Covid-19 ini. Kendati terdampak pandemi, tetapidaya beli masyarakat Tasik masih cukup kuat.

"Alhamdulillah, makanan Timur Tengah masih bisa bertahan di tengah perkonomian yang terpuruk akibat pandemi. Hal itu salah satunya lantaran kekhususan kuliner yang dijualnya," tuturnya.

Nanang menyebut, dirinya lazim menerima banyak pesanan saat bulan Ramadan untuk santap saur maupun buka puasa. "Alhamdulillah, Ramadan kemarin juga banyak pesanan dan mudah- mudahan Ramadan tahun ini juga demikian, "ungkapnya.

Ia menambahkan, para pembeli nasi kebuli bukan hanya dari Kota Tasikmalaya, melainkan ada dari luar daerah. Oleh karenanya, ia tak terlalu khawatir kalau ada pesaing di Tasik, sebab pelanggannya bisa datang dari mana saja.

"Saya tidak khawatir kendati ada kuliner-kuliner serupa di Kota Tasikmalaya. Saya yakin saja rezeki itu tidak akan tertukar," pungkasnya.

Salah seorang pencinta kuliner, Rezza Rizaldi (39) mengatakan, nasi kebuli di Matbakhi ini memiliki cita rasa tersendiri. Racikan bumbu dan rempah-rempahnya sangat terasa dan enak.

"Saya pernah coba nasi kebuli di tempat kuliner yang lain, tapi ini yang paling enak," ujarnya.

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

5 Bakso Enak di Bandung, Cocok untuk Makan Siang

Kamis, 23 September 2021 | 11:20 WIB

5 Rekomendasi Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

Minggu, 19 September 2021 | 16:27 WIB

Rekomendasi 15 Kuliner Enak dan Populer di Bandung

Sabtu, 18 September 2021 | 11:09 WIB

Cara Membuat Somay, Resep Siomay Tanpa Ikan untuk Dijual

Selasa, 14 September 2021 | 12:18 WIB

Catat Jam Ngemil saat Diet agar Berat Badan Turun!

Kamis, 9 September 2021 | 20:09 WIB

Wisata Baru Bandung, Menikmati Kopi Berselimut Kabut

Kamis, 9 September 2021 | 13:09 WIB

Resep Onde-Onde Lezat, Mudah Dibikin di Rumah

Rabu, 1 September 2021 | 14:22 WIB
X